Saat era Internet-of-Things tiba nanti, regulasi bakal banyak berubah

Saat era Internet-of-Things tiba nanti, regulasi bakal banyak berubah

Techno.id - Datangnya masa ketika semua perangkat teknologi akan saling terhubung semakin dekat. Era yang lazim disebut dengan Internet-of-Things (IoT) ini diprediksi bakal membawa perubahan masif di seluruh dunia. Tak ayal, sistem yang ada sekarang pun kemungkinan besar bakal dirombak demi menunjang pelaksanaan IoT.

Software AG, dalam rilis persnya (03/06/15), menganalisis kalau transformasi besar ini salah satunya akan mempengaruhi regulasi di sektor pemerintahan. Dengan pemberlakuan IoT secara massal, predikat tiap kota pun bakal berubah menjadi "smart city". Oleh karena itu, pemerintah setempat harus mengadopsi sistem manajemen risiko dengan bijak, sehingga kasus-kasus merugikan, seperti rusaknya traffic light, dapat ditekan atau ditangani dengan cepat dan efisien.

Di sisi lain, risiko dari IoT sendiri adalah terhubungnya tiap perangkat secara massal. Nah, ketika sistem tersebut sukses diretas, penyusup pun memiliki hak penuh untuk mengacak-acak isinya. Di sinilah kerangka pengamanan IoT harus mulai dibangun dan sistem pengamanan cyber harus lebih disorot.

Bart Schouw, Direktur IBO Solutions, bagian dari Software AG, mengatakan kalau IoT adalah masa penuh tantangan bagi banyak pihak. Untuk itu, setiap pihak yang terlibat wajib hukumnya untuk bersiap dalam menyongsong era ini.

"(Hanya) inovator dan pemimpin pasar yang berada di tengah-tengah transformasi digital ini yang akan keluar sebagai pemenang," simpulnya.

(brl/red)