Nonton film online gratis sepuasnya dengan subtitle Indonesia

Nonton film online gratis sepuasnya dengan subtitle Indonesia

Techno.id - Bicara soal video dan film, masyarakat Indonesia saat ini sudah sangat mudah untuk mengaksesnya jika mengingat saat ini sudah banyak layanan online video streaming website di internet. Namun masalah umum yang sering terjadi adalah tidak semua situs tersebut selalu menyediakan subtitle (teks terjemahan) yang lengkap, sehingga mereka harus meluangkan waktu untuk mencari subtitle di situs terpisah.

Di antara banyaknya situs penyedia film gratis yang beroperasi, ternyata ada satu situs yang sudah menyediakan subtitle berbahasa Indonesia di setiap videonya. Situs ini beralamatkan di www.nonton.com. Sesuai nama domain situs ini, Nonton.com atau disingkat Nonton adalah layanan online video streaming website gratis yang khusus didedikasikan bagi masyarakat Indonesia karena menggunakan bandwidth server lokal yang artinya kecepatan transfer data streaming akan jauh lebih cepat.

Situs Nonton mulai beroperasi pada 15 Oktober 2013 dan didirikan oleh beberapa orang yang di antaranya adalah Simon Bessant sebagai CEO, Nucky P. Djatmiko sebagai COO, dan Joachim Rohn pada jajaran direksi. Sedangkan anggota tim Nonton lainnya adalah Nur Anasta Rahmat sebagai CMO dan Meddy Papinka sebagai Chief of Sales.

Kini situs yang sudah beroperasi selama hampir tiga tahun ini sudah memiliki puluhan ribu koleksi video dari bermacam-macam genre. Koleksi video tersebut berasal dari dua sumber yakni pengguna dan pihak Nonton sendiri yang telah bekerja sama dengan provider konten seperti Multivision.

Genre yang disediakan oleh Nonton di antaranya adalah drama, action, komedi, romantis, horor, petualangan, keluarga, kriminal, biografi, misteri, thriller, anak-anak, perang, sejarah, film silat, sci-fi, animasi, anime, fantasi, musikal dan olahraga. Sedangkan untuk segmen kategori, situs ini menyediakan kategori film, drama, video musik, personal, dan berita.

Ketika ditanya mengenai apa bedanya dengan YouTube? Tim Nonton mengatakan bahwa pengguna memiliki tujuan yang berbeda ketika mengakses YouTube dan Nonton. Pengguna Nonton biasanya adalah orang-orang yang memang ingin menonton video yang berdurasi lama. Sedangkan YouTube lebih cenderung ke arah video general dengan durasi yang lebih pendek atau sedang.

Untuk saat ini Nonton merupakan startup yang masih bootstrapping, yang artinya sebagian besar dana operasional masih menggunakan dana pribadi para foundernya. Meskipun begitu, Nonton juga sudah mulai menghasilkan dana melalui iklan in-stream dan juga iklan banner. Untuk ke depannya, Nonton juga berencana membangun kerja sama dengan ISP lokal untuk menyediakan kuota lebih besar dan user experience yang lebih baik.

(brl/red)