Muncul satu bukti lagi bahwa anjing ialah sahabat terbaik manusia

image

Techno.id - Anjing telah lama diakui sebagai hewan yang cerdas. Diyakini pula, anjing dan manusia memiliki kedekatan pola perilaku sebagai makhluk sosial, sehingga cocok jika hidup berdampingan. Asumsi tersebut saat ini semakin kuat setelah didukung fakta bahwa anjing bisa mengetahui emosi yang sedang dirasakan oleh manusia, berdasarkan raut wajahnya saja.

Penelitian yang dipublikasikan melalui jurnal Current Biology tersebut mengambil sembilan ekor anjing sebagai sampelnya. Sampel yang sebagian besar berjenis Border Collies itu kemudian dibagi menjadi dua kelompok: kelompok pertama dilatih untuk mengidentifikasi foto manusia beraut bahagia, sedangkan kelompok kedua dibimbing untuk mengenali foto manusia dengan tampang sedih.

Muncul satu bukti lagi bahwa anjing ialah sahabat terbaik manusia

Demi menggali lebih jauh potensi kemampuan anjing dalam memahami emosi manusia, indikator lain juga turut diujicobakan. Sembilan ekor sampel tersebut ternyata tak cuma diminta untuk mengenali emosi manusia dari penampakan wajah secara utuh. Namun, anjing-anjing tersebut juga diajarkan untuk mengenali beberapa bagian dari muka, seperti mata dan mulut.

Dalam riset tersebut, terungkap bahwa anjing memiliki memori yang baik untuk mengingat raut wajah manusia dan mengasosiasikannya dengan emosi yang sedang dialami. Buktinya, setelah dilatih, akurasi para anjing sampel untuk memilih raut wajah yang diminta dengan tepat telah berkisar di antara 70 dan 80 persen.

"Anjing seperti mengenali bahwa bentuk mata bahagia sama artinya dengan mulut yang tersenyum dengan senang hati," terang Corsin Mller, salah satu peneliti dari Universitas Vienna yang terlibat dalam penelitian itu, seperti dikutip dari TheVerge (12/2/15). Hal yang sama ternyata juga berlaku di emosi sebaliknya.

Apakah dengan hadirnya fakta baru ini, Anda tertarik untuk memelihara hewan domestikasi dari serigala itu?

(brl/red)