Aplikasi Health Connect untuk ponsel Android bakal mendapat dua peningkatan utama akhir tahun ini

Aplikasi Health Connect untuk ponsel Android bakal mendapat dua peningkatan utama akhir tahun ini

Techno.id - Google meluncurkan aplikasi Health Connect pada November 2022. Aplikasi ini berfungsi sebagai jembatan untuk semua data kesehatan pengguna yang dilacak dari berbagai aplikasi dan layanan.

Ini memungkinkan aplikasi olahraga Android favorit pengguna melihat dan berbagi data yang dilacak dengan mudah. Sementara Health Connect memulai debutnya sebagai aplikasi mandiri, Google mengintegrasikannya ke Android 14 untuk pengalaman yang mulus.

Untuk beberapa alasan, Health Connect membatasi berbagi data hingga 30 hari terakhir antar aplikasi, membuat migrasi antar aplikasi kebugaran menjadi sulit. Untungnya, Google akan segera memperbaiki kekurangan ini dan lebih meningkatkan berbagi data melalui Health Connect.

Aplikasi Health Connect untuk ponsel Android bakal mendapat dua peningkatan utama akhir tahun ini foto: google

Dalam acara tahunan I/O 2024 di hari kedua, Google mengungkapkan bahwa Health Connect akan memungkinkan aplikasi membaca data yang lebih lama dari 30 hari. Perubahan ini akan memudahkan migrasi dari satu aplikasi pemantauan kesehatan ke aplikasi pemantauan kesehatan lainnya sambil dapat mengakses semua latihan dan metrik kesehatan yang pengguna catat sebelumnya.

Google akan menambahkan izin baru ke Health Connect untuk akses riwayat, sehingga pengguna akan memiliki kendali penuh atas aplikasi yang mengakses data kebugaran lebih dari 30 hari. Pengguna bahkan dapat mencabut izin tersebut kapan pun mereka mau.

Health Connect akan segera memungkinkan aplikasi membaca data di latar belakang

Aplikasi Health Connect untuk ponsel Android bakal mendapat dua peningkatan utama akhir tahun ini foto: play.google.com

Peningkatan Health Connect lain yang direncanakan adalah kemampuan aplikasi untuk mengakses data di latar belakang. Saat ini kemampuan tersebut tidak mungkin dilakukan karena aplikasi harus dijalankan sebagai layanan latar depan atau menunggu hingga dibuka untuk mulai menyinkronkan dengan Health Connect. Perubahan ini akan membantu meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan saat menggunakan aplikasi kebugaran baru.

Seperti akses riwayat, Google akan menambahkan izin Health Connect baru bagi pengguna untuk mengelola akses data latar belakang. Kedua peningkatan Health Connect ini akan hadir akhir tahun ini.

(brl/red)