10 Cara atasi jaringan internet lemot di smartphone, ini penyebabnya

10 Cara atasi jaringan internet lemot di smartphone, ini penyebabnya

Techno.id - Jaringan internet menjadi sebuah teknologi masa kini yang dapat membantu berbagai kegiatan produktivitas manusia. Bahkan internet dimanfaatkan di hampir seluruh sistem kehidupan modern. Ditambah dengan internet seseorang juga dapat terhubung tanpa batasan ruang dan waktu.

Internet memang sangat dibutuhkan guna membantu menyelesaikan sebuah pekerjaan. Namun apabila kecepatan akses internet menurun, tentu sangat mengganggu aktivitas yang sedang dikerjakan. Kecepatan internet tentu dipengaruhi oleh perangkat yang digunakan, cuaca, wilayah, dan masih banyak lagi.

Namun bagi pengguna tak perlu khawatir saat internet lemot. Kali ini techno.id pada Rabu (6/7) akan menyajikan 10 cara atasi jaringan internet lemot di smartphone yang dihimpun dari berbagai sumber. Akan tetapi sebelum masuk ke cara mengatasinya, perlu diketahui apa sebab dari internet lemot berikut ini:

1. Perangkat bermasalah.

Perangkat yang digunakan menjadi yang pertama untuk dilakukan pengecekan. Biasanya smartphone mengalami kendala seperti terbebani oleh cache, sehingga tidak dapat digunakan dengan maksimal. Silakan untuk melakukan restart perangkat yang digunakan apabila sinyal penuh namun tidak dapat mengakses internet.

2. Wilayah pengguna.

10 Cara atasi jaringan internet lemot di smartphone, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Ada beberapa titik dimana internet tidak dapat digunakan. Seperti parkiran, wilayah steril internet, dan gunung maupun hutan. Karena apabila terdapat banyak penghalang seperti tembok, pohon, dan benda lain, jaringan tidak dapat masuk ke perangkat.

3. Banyak pengguna.

Apabila pengguna sedang berada pada keramaian dengan intensitas pemakaian internet tinggi, maka jaringan internet akan menurun. Hal tersebut dapat diibaratkan seperti lalu lintas jalan raya yang macet.

Setelah mengetahui beberapa sebab jaringan internet menurun atau lemot, berikut cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

1. Lakukan restart perangkat.

Melakukan restart akan membantu memperbaiki kinerja perangkat yang digunakan. Dengan restart maka smartphone secara otomatis akan membersihkan bug yang menumpuk dari waktu ke waktu.

2. Masuk mode pesawat beberapa waktu.

10 Cara atasi jaringan internet lemot di smartphone, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Silakan untuk masuk ke mode pesawat kurang lebih 1 menit saja. Hal ini akan memberikan refresh terhadap jaringan internet yang masuk. Cara ini cukup efektif dan mudah dilakukan.

3. Tutup recent aplikasi.

Aplikasi yang sedang berjalan tentu membebani perangkat. Bahkan penggunaan aplikasi secara berlebihan mengakibatkan internet lemot. Oleh karena itu menutup semua aplikasi bisa dilakukan.

4. Matikan mode hemat.

Perlu diketahui beberapa perangkat dapat secara otomatis menurunkan kapasitas bandwidth saat baterai mulai lemah. Hal tersebut dilakukan agar perangkat tidak cepat mati. Apabila pengguna masih menggunakan mode hemat data, silakan untuk mematikan mode tersebut.

5. Matikan VPN.

Walaupun manfaat dari adanya VPN cukup beragam, namun justru fitur tersebut bisa menghambat laju internet. Apabila kamu menggunakan VPN, silakan untuk matikan fitur tersebut dan masuk ke mode normal.

6. Periksa data seluler.

10 Cara atasi jaringan internet lemot di smartphone, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Silakan untuk periksa data seluler yang digunakan. Kadangkala provider menurunkan kapasitas internet apabila kedapatan data akan habis. Oleh karena itu silakan untuk mengisi data seluler apabila kuota akan habis.

7. Pindah ke titik lain.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa tempat tertentu tidak mendukung adanya jaringan internet lancar. Silakan untuk berpindah ke tempat lain untuk mendapatkan jaringan atau sinyal yang lebih baik.

8. Lepas kartu.

Silakan untuk melepaskan kartu dan bersihkan kuningannya. Boleh jadi kartu yang digunakan terkena debu dan perangkat tidak dapat membaca chip dengan maksimal. Hal tersebut dapat membantu memperbaiki sinyal internet lemot.

9. Ganti provider.

Ganti provider atau mengganti kartu jaringan data bisa dilakukan. Terlebih wilayah tempat tinggal tidak mendukung adanya jaringan internet dari provider tertentu. Silakan untuk cari provider yang telah mendukung jaringan lancar pada wilayah tersebut.

10. Hubungi customer service.

10 Cara atasi jaringan internet lemot di smartphone, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Apabila beberapa cara tersebut telah dilakukan namun pengguna masih kedapatan internet lemot, silakan untuk menghubungi costumer service provider yang digunakan. Customer service akan membantu pengguna dalam memperbaiki jaringan internet lemot melalui panggilan suara dan yang lainnya.

(brl/guf)