9 Cara atasi layar ponsel bergerak sendiri, ini penyebabnya

9 Cara atasi layar ponsel bergerak sendiri, ini penyebabnya

Techno.id - Hampir semua smartphone saat ini dibekali dengan teknologi layar sentuh. Sangat jarang ada ponsel pintar yang masih mengandalkan keypad maupun touchpad. Berbeda dengan ponsel zaman dahulu yang masih memanfaatkan keypad untuk melakukan navigasi bahkan menulis pesan.

Dengan teknologi touch screen saat ini pengguna smartphone dipermudahkan untuk melakukan pengoperasian. Ditambah dengan layar sentuh membuat pengguna merasakan sensasi grafis lebih nyaman. Bahkan ponsel pintar saat ini juga dibekali dengan teknologi yang ramah terhadap mata pengguna.

Namun dibalik kemudahan tersebut, teknologi layar memiliki kelemahan. Salah satu hal yang disesalkan pengguna yaitu layar sering bergerak sendiri. Tentu kamu pernah mengalaminya bukan? Oleh karena itu techno.id pada Selasa (16/8) akan memberikan 9 Cara atasi layar ponsel bergerak sendiri.

Sebelum beranjak ke cara yang bisa dilakukan, alangkah lebih baik jika pengguna mengetahui penyebab touch screen sering bergerak sendiri. Secara umum masalah pada layar disebabkan oleh:

- Perangkat mengalami overheat
- Terdapat bug pada sistem
- Perangkat terjatuh
- Terkena air maupun debu
- Menggunakan screen guard

Setelah mengetahui penyebab dari layar sentuh perangkat bermasalah, berikut cara untuk mengatasinya:

1. Matikan ponsel beberapa waktu.

9 Cara atasi layar ponsel bergerak sendiri, ini penyebabnya

foto: Pixabay.com

Salah satu penyebab dari layar yang bergerak sendiri overheat. Untuk itu pengguna bisa mematikan sementara HP yang digunakan. Hal tersebut dilakukan supaya panas dari ponsel turun akibat sistem berhenti beberapa saat. Apabila suhu dari perangkat normal, pengguna bisa mengaktifkan ponsel kembali.

2. Kurangi DPI pada pengaturan Opsi Developer.

Dot per Inch atau lebih dikenal dengan DPI merupakan istilah dari kepadatan layar yang diukur menggunakan titik per inch. Apabila layar pengguna bergerak sendiri bisa jadi tingkat DPI terlalu tinggi. Oleh karena itu pengguna bisa mengatur tingkat DPI melalui opsi developer.

3. Pastikan charger sesuai.

9 Cara atasi layar ponsel bergerak sendiri, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Pengisian daya dengan beban berlebih membuat chip perangkat mengalami overheat. Akibatnya layar bisa jadi error akibat beban berlebih dari charger yang tidak sesuai. Oleh karena itu pastikan pengguna memakai charger dengan beban yang sesuai dengan perangkat.

4. Bersihkan layar dengan pasta gigi.

Layar yang kotor akibat noda minyak maupun debu bisa menyebabkan sensitivitas layar terganggu. Bahkan akibat kotoran tersebut layar bisa bergerak sendiri. Untuk membersihkannya pengguna bisa menggunakan pasta gigi dan silakan untuk usap-usapkan menggunakan kapas hingga bersih.

5. Lepaskan screen guard.

Kadang kala pelindung layar menyebabkan layar bergerak sendiri. Hal tersebut karena ada kotoran yang menempel pada lapisan pelindung. Maka pengguna bisa melepas guard atau menggantinya dengan yang baru.

6. Ganti LCD.

9 Cara atasi layar ponsel bergerak sendiri, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Layar bergerak sendiri bisa disebabkan karena ponsel pernah terjatuh. Walaupun tidak terjadi keretakan, namun kerusakan bisa terjadi pada bagian dalam atau IC dari layar. Untuk itu mau tidak mau pengguna harus mengganti layar dengan yang baru.

7. Bersihkan komponen layar.

9 Cara atasi layar ponsel bergerak sendiri, ini penyebabnya

foto: pixabay.com

Apabila pengguna memiliki keahlian dalam mengutak atik ponsel, silakan bersihkan layar yang sering bergerak sendiri. Apabila kamu tidak memiliki kepiawaian dalam membongkar ponsel, silakan untuk datang ke service center terdekat saja.

8. Gunakan aplikasi touchscreen calibration.

Penyebab lain layar ponsel sering bergerak sendiri adalah pemakaian yang masif. Akibatnya perangkat menjadi lebih lambat dan menimbulkan bug pada sistem kalibrasi layar. Oleh karena itu, pengguna bisa melakukan kalibrasi ulang dengan aplikasi pihak ketiga atau mengkalibrasi via pengaturan perangkat.

9. Gunakan aplikasi Partial Screen.

Aplikasi Partial Screen bisa digunakan untuk mengatasi masalah layar bergerak sendiri. Aplikasi tersebut dapat memindai layar yang bergerak sendiri. Platform tersebut dapat diklaim mampu memberikan perbaikan ulang apabila layar bergerak sendiri.


(brl/guf)