5 Keunggulan Samsung UFS 4.0 yang baru dirilis, performa makin kencang

image

Techno.id - Salah satu komponen paling penting yang cukup dipertimbangkan oleh pengguna smartphone adalah kapasitas penyimpanan. Sebuah memori dalam perangkat smartphone berfungsi untuk menyimpan berbagai file penting milik pengguna. Dari mulai file foto, dokumen, hingga aplikasi yang digunakan.

Selain digunakan sebagai penyimpanan, ternyata memori pada ponsel juga mendukung performa perangkat loh. Semakin besar ketersediaan ruang penyimpanan, maka perangkat akan semakin kencang dalam pengoperasiannya.

Hal tersebut disebabkan karena memori menyimpan sebuah data yang diperlukan oleh perangkat pada saat membuka aplikasi. Apabila memori tersebut melakukan pembacaan data dengan lambat, maka dapat dipastikan pengoperasian perangkat mengalami lag. Artinya selain berkapasitas besar, tipe memori yang dipakai juga perlu diperhatikan.

Saat ini ada berbagai tipe penyimpanan yang dipakai oleh brand smartphone. Generasi terakhir yang menjadi standar adalah UFS 3.1. Namun baru-baru ini divisi Semikonduktor Samsung merilis tipe teranyar memori internal yaitu UFS 4.0. Teknologi tersebut diklaim lebih kencang 2x lipat daripada UFS 3.1.

Memori tipe UFS 4.0 digadang-gadang akan dipasangkan pada Samsung Galaxy Z Flip 4 di akhir tahun nanti. Penasaran apa saja yang menjadi keunggulan dari Samsung UFS 4.0? Berikut techno.id sajikan keunggulan teknologi penyimpanan tersebut pada Sabtu (7/5), yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Samsung UFS 4.0  berbagai sumber

foto: gizmochina.com

1. Performa tinggi.

Pengembang dari memori internal tersebut memberikan teknologi V-NAND generasi ke-7. Dengan teknologi tersebut, Samsung UFS 4.0 dapat mencapai kinerja baca sekuensial hingga 4.200 MB/s. Tidak hanya itu, kecepatan tulis sekuensial juga mencapai 2.800 MB/s. Bahkan UFS 4.0 mampu menawarkan kecepatan bandwidth hingga 23.2 Gbps per jalur. Capaian tersebut jauh lebih cepat daripada tipe sebelumnya yaitu UFS 3.1.

2. Efisien.

Walaupun terdapat peningkatan performa, UFS 4.0 diklaim malah lebih efisien hingga 46% dibandingkan dengan tipe sebelumnya. Kecepatan baca sekuensial mampu bertahan hingga 6.0MB/s per mA.

3. Mendukung hingga 1 TB.

Memori UFS 4.0 dapat mendukung kapasitas hingga 1 TB. Tentu ukuran yang cukup besar untuk sebuah penyimpanan internal perangkat smartphone. Dengan kemampuan tersebut, para vendor smartphone siap menghadirkan yang memori lega untuk produk andalan mereka.

4. Ukuran kecil.

Hal menarik yang tampak pada UFS 4.0 ada pada ukurannya. Meski berkapasitas hingga 1 TB, namun ukuran dari memori ini hanya berkisar 11 x 13 x 1 mm. Tentu hal tersebut dapat membantu para desainer smartphone untuk menghadirkan ponsel dengan desain tipis, praktis, serta lebih ringan.

5. Mendukung untuk teknologi VR dan AR.

Dengan kemampuan yang dimiliki UFS 4.0, memori tersebut dapat mendukung untuk pemakaian teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality. Artinya di masa mendatang, bukan tidak mungkin teknologi VR maupun AR akan menggunakan memori UFS 4.0.

(brl/tin)