Wow, operator sumbang Rp 280 triliun ke pemasukkan negara

Wow, operator sumbang Rp 280 triliun ke pemasukkan negara

Techno.id - Pemerintah mengakui kontribusi besar dari operator telekomunikasi dalam memberikan pemasukan negara. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebutkan operator telekomunikasi sudah menghasilkan dana sebesar Rp 280 triliun ke kas negara.

Sekarang itu ada empat operator yang go public. Total pemasukan dari pajak dan PNBP-nya (penerimaan negara bukan pajak) sampai Rp 280 triliun. Jadi kontribusinya luar biasa ke pemerintah, kata Menteri Rudiantara sewaktu ditemui di Graha XL, Jakarta.

Pria yang akrab disapa Chief RA tersebut mengungkapkan XL Axiata sendiri telah menyumbangkan dana sebesar Rp 8 triliun sebagai pemasukan negara pada tahun 2014 kemarin.

Ia juga melanjutkan, dana yang diterima negara sebagai pemasukan itu tak lantas menguap. Dana itu diakuinya dikelola dan dikembalikan kepada masyarakat dalam bentuk program yang berkenaan dengan kebutuhan telekomunikasi.

Uangnya dikembalikan ke masyarakat lagi. Sebagian masuk ke sektor USO dan pengembangan Palapa Ring yang berguna menghubungkan kabupaten/kota di seluruh Indonesia, kita harapkan selesai di tahun 2018, jelas Rudiantara.

Menteri yang sarat pengalaman di industri telekomunikasi Indonesia tersebut menyatakan harapannya agar implementasi jaringan pita lebar dapat segera dirasakan oleh segenap masyarakat Tanah Air baik di kawasan perkotaan maupun pelosok daerah.

(brl/red)