Waspada, ini bahaya memakai smartwatch saat sedang mengetik!

Waspada, ini bahaya memakai smartwatch saat sedang mengetik!

Techno.id - Belakangan ini, semakin banyak saja pengguna smartwatch di dunia. Digunakan untuk berbagai keperluan seperti ketika berolahraga atau keperluan lain. Banyak fitur penting dalam smartwatch yang terkadang dilupakan oleh penggunanya.

Sebut saja accelerometer dan gyroscope yang bisa mendeteksi gerakan tangan Anda. Seperti yang diberitakan oleh Popular Science pada hari Jumat (11/09/15) lalu, kedua fitur penting ini sedang diteliti oleh para ilmuwan di University of Illinois at Urbana-Champaign.

Kedua fitur ini bisa mengenali ketika Anda sedang mengetik pada keyboard. Dicocokkan dengan detak jantung dan aliran darah, bahkan alat ini juga bisa dipakai untuk mengenali huruf apa saja yang Anda tekan pada keyboard.

Waspada, ini bahaya memakai smartwatch saat sedang mengetik!

Yang mengkhawatirkan adalah, ketika para hacker telah membobol keamanan jam pintar yang sedang Anda kenakan, maka semua yang Anda ketik akan mereka ketahui. Tentu saja termasuk juga password akun penting Anda.

Lalu bagaimana cara mengakalinya? Para peneliti tersebut menganjurkan untuk mengetik menggunakan tangan yang tak mengenakan smartwatch. "Jika Anda mengenakannya di tangan kanan, maka mengetiklah dengan tangan kiri agar mereka tak mendapatkan informasi apapun," ujar He Wang, salah seorang peneliti.

Atau, bagaimana jika Anda lepas saja smartwatch yang sedang dikenakan saat sedang mengetik? Atau apakah Anda punya cara yang lain?

(brl/red)