CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 10 Oktober 2015 15:00

Toshiba dan SanDisk bakal diakuisisi raksasa teknologi Tirai Bambu

Raksasa teknologi asal Tiongkok, Tsinghua Unigroup, kabarnya bakal segera mengakuisisi produsen teknologi Toshiba dan SanDisk.

Toshiba dan SanDisk bakal diakuisisi raksasa teknologi Tirai Bambu

Techno.id - Raksasa teknologi asal Tiongkok, Tsinghua Unigroup, kabarnya bakal segera mengakuisisi produsen teknologi Toshiba dan SanDisk. Perusahaan tersebut kabarnya akan membeli paten NAND (teknologi flash memory) yang dimiliki oleh Toshiba dan SanDisk untuk mengembangkan flash memory yang lebih canggih dan tentunya murah di Tiongkok.

Sebenarnya, Toshiba dan SanDisk bukanlah target akuisisi Tsinghua yang utamanya. Menurut laporan dari Softpedia (8/10/15), Tsinghua awalnya menargetkan untuk membeli paten beserta semua saham Micron, sebuah perusahaan semi konduktor raksasa asal Negeri Paman Sam. Sayangnya, rencana ini digagalkan oleh CFIUS atau komite investasi asing Amerika Serikat karena Micron dianggap sebagai aset nasional yang tak boleh sepenuhnya dimiliki oleh pihak asing.

Nah, untuk mengobati rasa kecewanya inilah akhirnya Tsinghua dikabarkan akan mengakuisisi Toshiba yang dilaporkan tengah mengalami masa krisis pasca kasus korupsi yang dilakukan oleh CEO sebelumnya. Namun kembali lagi, karena Toshiba juga memiliki hampir semua pabrik nuklir di Jepang maka kemungkinan pemerintah Negeri Sakura itu akan mengambil langkah yang sama dengan pemerintah Amerika yakni melakukan intervensi terhadap rencana pembelian ini karena perusahaan tersebut mengelola aset negara yang bahaya jika sepenuhnya dikelola oleh pihak asing.

Akhirnya, skema pilihan terakhir jika akuisisi Toshiba juga ditolak maka Tsinghua kemungkinan besar akan membeli hak paten dan saham yang dipunyai SanDisk, perusahaan semi konduktor kecil Amerika Serikat.

WHAT TO READ NEXT ?