Ternyata, lock pattern buatan pria lebih rumit dibanding wanita

Ternyata, lock pattern buatan pria lebih rumit dibanding wanita

Techno.id - Hasil investigasi Marte Lge terkait sistem pengamanan lock pattern pada handset Android cukup mengagetkan. Ya, seperti dilaporkan sebelumnya, Marte berhasil mengungkap bahwa penggunaan lock pattern tak sepenuhnya aman, karena masih banyak user yang menggunakan pola yang terlalu simpel.

Seperti dikutip dari ArsTechnica.com (20/08/15), dari responden yang diteliti oleh Marte, ditemukan bahwa pria cenderung membuat lock pattern yang lebih panjang dan kompleks ketimbang wanita. Hal ini terbukti saat para responden diminta untuk membuat tiga lock pattern yang berbeda, yakni untuk aplikasi belanja, aplikasi banking, dan untuk mengunci smartphone.

Dari diagram berikut, tampak jika rata-rata responden pria menggunakan 6,09 titik dalam lock pattern untuk mengamankan aplikasi banking-nya, sementara wanita hanya menggunakan 5.57. Keunggulan pria juga terlihat di dua kategori lock pattern lainnya.

Ternyata, lock pattern buatan pria lebih rumit dibanding wanita
Perbandingan penggunaan lock pattern pada pria dan wanita 2015 ArsTechnica.com

Marte turut berpesan supaya user mulai mempertimbangkan untuk menggunakan pola yang menyulitkan, yakni dengan membuat urutan pola yang rumit atau tidak beraturan. Menurutnya, banyaknya jumlah titik yang digunakan dalam sebuah lock pattern tak selalu menjamin bahwa lock pattern itu aman. Akan tetapi, pola yang tidak beraturan, seperti arah yang berubah-ubah, lebih menjamin keamanan sebuah lock pattern.

Marte telah menganalisis hampir 4.000 lock pattern. Ia pun menemukan bahwa 44 persen dari lock pattern tadi dimulai dari sisi kiri layar, sementara 77 persen sampel berisi lock pattern yang dimulai dari satu dari empat sudut lock pattern.

Lebih lanjut, Marte juga mencatat kalau lock pattern dengan empat titik kombinasi jumlahnya cukup banyak dan membuat kans untuk dibobol lebih tinggi karena kemungkinan pola yang tersisa tinggal 1.624 saja. Padahal lock pattern di Android mampu menampung dari empat hingga sembilan kombinasi titik dengan total jumlah kemungkinan pola sebanyak 389.112.

(brl/red)