Soal meraup uang, Apple sudah kalahkan Hollywood

Soal meraup uang, Apple sudah kalahkan Hollywood

Techno.id - Siapa sangka ternyata saat ini masyarakat dunia lebih suka membelanjakan uangnya untuk membeli aplikasi daripada menonton bioskop?

Berdasarkan fakta yang dibeberkan oleh Asymco (22/1/15), ternyata Apple, melalui App Store miliknya, bisa meraup uang lebih banyak daripada Hollywood. Perusahaan teknologi yang didirikan oleh trio Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne ini memperoleh pendapatan sekitar 174 triliun Rupiah selama 2014. Di tahun yang sama, hanya 124 triliun Rupiah yang masuk ke pundi-pundi industri perfilman terbesar Amerika Serikat tersebut.

Diperkirakan, Apple akan tetap kebanjiran untung dalam beberapa tahun ke depan. Melanjutkan temuan dari riset Asymco, dalam minggu pertama 2015 saja para Apple Fanboy sudah membayar sebanyak 6 triliun Rupiah. Dana tersebut mereka gunakan untuk menebus aplikasi iOS dari App Store. Menilik dari fakta ini, bukan tidak mungkin jumlah dagangan di App Store yang sekarang mencapai 1,4 juta terus bertambah.

Manfaat kehadiran Apple juga lebih terasa bagi negara asalnya. Sepanjang tahun 2008 sampai 2014, sebanyak 627.000 penduduk Negeri Paman Sam telah berpenghasilan sendiri berkat menjadi pegawai Apple. Tak hanya itu, Apple juga sudah membayar sekitar 125 triliun Rupiah pada beberapa pengembang aplikasi yang bekerja sama dengan mereka.

Fenomena ini menyadarkan masyarakat bahwa kiblat industri hiburan sudah bergeser, dari layar lebar ke layar kecil yang cukup digenggam dengan dua tangan saja. Apakah dalam beberapa tahun ke depan anak-anak yang bercita-cita menjadi developer aplikasi akan lebih banyak ketimbang aktor atau aktris? Menarik untuk dicermati.

(brl/red)