Situs pemerintahan Kanada diretas oleh hacker Anonymous

Situs pemerintahan Kanada diretas oleh hacker Anonymous

Techno.id - Para hacker yang memiliki perilaku tak baik berulah kembali. Kali ini, mereka menyambangi situs pemerintahan Kanada dan memporak-porandakan seluruh bagian yang penting. Serangan cyber tersebut dibenarkan oleh Tony Clement, Kepala Dewan Keuangan yang mengatakan bahwa serangan tersebut sepertinya ditujukan pada situs web pemerintah dan sistem email negara.

Dampak serangan cyber ini sungguh mengerikan. Menurut Clement, serangan tersebut telah mempengaruhi beberapa instansi di pemerintah, termasuk situs transportasi, pengadilan, departemen luar negeri, industri, pekerjaan, dan departemen tenaga kerja, seperti yang dikutip dari SlashGear (17/6/15).

Namun, serangan dari hacker Anonymous ini hanya berlangsung beberapa jam, dan pemerintah Kanada dapat segera mengatasinya. Menurut mereka, serangan itu dikatakan sebagai protes terhadap disahkannya RUU C-51. RUU sendiri merupakan deklarasi universal hak asasi manusia yang oleh pemerintah Kanada telah dihapuskan perlindungan hukumnya.

Meski begitu, serangan cyber ini tak separah serangan yang dilancarkan pada situs pemerintahan Amerika Serikat. Kala itu, para hacker berhasil mengambil alih situs web dan sistem email pemerintahan. Bahkan, Amerika Serikat hanya bisa terpaku tatkala serangan tersebut berlangsung.

(brl/red)