CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 14 November 2015 23:00

Samsung akan memasok layar OLED khusus untuk perangkat Apple

Kabarnya, Samsung Display sedang menjalin kerja sama dengan Apple untuk memproduksi layar OLED.

Samsung akan memasok layar OLED khusus untuk perangkat Apple

Techno.id - Samsung dari dulu terkenal paling getol memperkenalkan perangkat teknologi seperti smartphone, televisi, monitor, dan lain-lain. Namun selain gadget, Samsung juga mempunyai perusahaan sendiri yang khusus memproduksi layar seperti LCD untuk berbagai perangkat gadget, yakni Samsung Display. Sayangnya, perusahaan tersebut mulai mendapat pesaing baru dari Tiongkok yang juga memproduksi layar serupa.

Dari gangguan pesaing tadi, Samsung Display mulai menurunkan produksi layar LCD dan beralih ke layar OLED khusus untuk layar mobile. Perpindahan produksi layar dari LCD ke OLED ini juga ada sangkut pautnya dengan perusahaan gadget ternama yaitu Apple. Kabarnya, baru-baru ini keduanya menjalin kerja sama untuk memproduksi layar OLED pada iPhone.

Sebenarnya, Apple juga sudah mendapat pasokan layar LCD dari LG Display, Jepang Display, dan Sharp. Selain itu, Apple juga mendapat pasokan layar OLED dari Samsung Display. Namun, Samsung Display hanya memproduksi layar OLED untuk Apple Watch. Jadi, Apple memutuskan menggandeng Samsung Display lagi untuk memproduksi layar OLED pada iPhone.

Di sisi lain, Samsung sempat khawatir karena produksi layar OLED nanti tak akan mampu mencukupi kebutuhan Apple yang sangat besar. Hal ini dikarenakan Samsung Display juga masih memproduksi layar LCD. Namun, jika Samsung hanya terfokus pada satu jenis layar yaitu OLED, sepertinya mereka sanggup memenuhi kebutuhan yang diinginkan pihak Apple.

Lebih lanjut, hubungan kerja sama Samsung Display dengan Apple ini belum bisa dipastikan kebenarannya karena pihak Samsung sendiri seakan menutup-nutupi hubungan itu. Mereka tidak mau membeberkan kesepakatannya dengan Apple tentang produksi OLED pada iPhone.

"Meskipun benar bahwa Samsung Display memutuskan untuk menjual semua peralatan L5 (peralatan untuk memproduksi layar LCD), namun kami tidak memutuskan akan menjual ke siapa. Kami juga tidak dapat mengungkapkan informasi tentang kesepakatan kami dengan Apple," kata seorang karyawan dari Samsung Display, seperti yang dikutip dari EtNews (13/11/2015).

WHAT TO READ NEXT ?