Pekanbaru Siap jadi 'smart city' di pulau Sumatera

Pekanbaru Siap jadi 'smart city' di pulau Sumatera

Techno.id - Dilansir dari Antara (20/07/15), dikabarkan jika Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menyatakan jika wilayah itu satu-satunya kota di Sumatera yang siap menjadi Kota Pintar (Smart City), karena memiliki infrastruktur yang memadai.

"Saat ini pembangunan Fiber Optic (FO) Lines dengan kapasitas 144 'core' sudah selesai," ujar Direktur Perusahaan Daerah Pembangunan Heri Susanto Dikutip dari Antara.

Ia juga menambahkan jika dengan kegiatan tersebut program Pemkot mendorong kota ini menjadi Kota Pintar bisa segera diwujudkan, karena dengan kemampuan infrastruktur jaringan yang terpanjang dan terlengkap.

"Saat ini kami sudah selesai memasang 500 'hand hole', dengan panjang 157 km jaringan, terdapat pada 71 koridor jalan dan kapasitas 144 core," tambahnya.

Selain untuk kepentingan bisnis, FO ini juga bertujuan untuk memudahkan masyarakat Pekanbaru mendapatkan pelayanan teknologi, jelasnya.

"Misalkan dengan hanya membuka 'handphone' mereka sudah bisa mengetahui semua informasi dan pelayanan seperti hotel, restoran, cuaca, RS, kondisi lalu lintas dan sebagainya," paparnya.

Diharapkan ke depan masyarakat, baik di kota maupun pinggiran, bisa menggunakan pelayanan wi-fi gratis yang akan disediakan operator. Sehingga bukan hanya kotanya saja yang pintar tetapi juga masyarakatnya.

Diakui Heri bahwa pihaknya saat ini juga akan mendorong Pekanbaru menjadi bagian dari kota yang menerapkan konsep kota pintar dunia, agar bisa masuk menjadi anggota 'Smart City' dunia yang akan diselenggarakan di London pada September 2015.

"Saat ini kami sedang diskusikan dan persiapkan segala persyaratannya," tutup Heri.

(brl/red)