Para pelajar saling adu ketangkasan robot di 'Robo Vaganza' 2015

Para pelajar saling adu ketangkasan robot di 'Robo Vaganza' 2015

Techno.id - Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang sedang mengadakan kompetisi robot bertajuk "Robo Vaganza' 2015". Pesertanya mayoritas dari kalangan pelajar yang diikuti oleh beberapa sekolah di antaranya SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, SMP Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen, SMK Negeri 1 Temanggung, dan SMK Negeri 3 Yogyakarta.

Kompetisi Robo Vaganza ini telah membuat para pelajar bersemangat untuk unjuk gigi dalam menampilkan robot "line follower" andalan mereka. Ajang bergengsi untuk meningkatkan minat pelajar terhadap robot ini diadakan di selasar Gedung Thomas Aquinas Unika Soegijapranata, Semarang, Kamis, seperti dilaporkan Antara (16/04/2015).

Felix Yustian Setiono selaku Ketua Umum "Robo Vaganza' 2015" mengatakan bahwa kompetisi ini bertujuan untuk mengajak masyarakat khususnya para pelajar untuk lebih mencintai dunia robotika yang kian canggih.

Dalam ajang "Robo Vaganza' 2015" ini yang keluar sebagai pemenang robot "line follower" dalam kategori umum dan pelajar adalah SMK Negeri 3 Yogyakarta. SMK tersebut bisa dibilang langganan juara kompetisi robot. Pasalnya, sejak Robo Vaganza digelar pada tahun 2010, SMK Negeri 3 Yogyakarta telah keluar sebagai juara sebanyak tiga kali yakni pada tahun 2010, 2014, dan 2015.

Tak hanya melombakan robot "line follower" saja, ajang ini juga menggelar demo robot-robot milik Unika Soegijapranata dan "coaching clinic". Dibandingkan kompetisi robotnya, demo robot ini justru menyedot animo pengunjung lebih besar.

(brl/red)