CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 3 November 2015 21:00

Nokia Networks uji teknologi wireless super cepat di stadion olahraga

Perusahaan Artemis memiliki teknologi pWave yang memungkinkan bandwidth internet tak perlu dibagi.

Nokia Networks uji teknologi wireless super cepat di stadion olahraga

Techno.id - Awal tahun lalu, Steve Perlman pencipta teknologi Apple QuickTime yang menemukan video streaming OnLive telah mengklaim bahwa dirinya mempunyai teknologi yang lebih cepat 1.000 kali dari kecepatan wireless saat ini. Teknologi tersebut biasa dipanggil teknologi nirkabel pWave oleh perusahaan Artemis Networks.

Teknologi pWave adalah sebuah antena nirkabel yang mampu membuat konektivitas 'gelembung' kecil di sekitar smartphone, tablet, dan perangkat lain. Nah, antena pWave ini akan menghilangkan kebutuhan berbagi bandwidth dan mempercepat koneksi internet secara dramatis dalam ruang yang penuh sesak, seperti yang dilaporkan oleh TheVerge (2/11/15).

Teknologi pWave tak membutuhkan pembagian bandwidth karena teknologi tersebut mampu menciptakan konektivitas 'gelembung' bernama pCells atau personal cells. Secara teori konektivitas ini akan mengikuti smartphone di sekitar area wireless. Hal ini membuat koneksi internet tak akan melambat meski digunakan oleh ratusan orang sekalipun.

Kabar baiknya, saat ini teknologi tersebut sudah diambil alih oleh Nokia Networks untuk diuji coba di stadion olahraga dan ruang serupa yang membutuhkan banyak bandwidth. Nokia dan Artemis telah melakukan kesepakatan dengan menandatangani nota kesepahaman yang intinya telah menyetujui untuk melakukan uji coba teknologi pWave.

Sejauh ini, teknologi wireless pWave sudah mulai dilirik oleh beberapa operator besar di Amerika Serikat. Namun, untuk saat ini perusahaan Artemis Networks hanya mau bekerja sama dengan Nokia Networks dalam hal uji coba. Walau begitu, perusahaan Artemis mengatakan sudah memilih salah satu operator untuk diajak kerja sama.

WHAT TO READ NEXT ?