CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 20 Februari 2016 22:00

Mitsubishi kembangkan teknologi layar mengambang ala film fiksi ilmiah

Dengan teknologi ini, Anda bisa menikmati tayangan dengan layar yang mengambang. Menarik bukan?

Mitsubishi kembangkan teknologi layar mengambang ala film fiksi ilmiah

Techno.id - Masa depan sudah dekat. Nampaknya ungkapan tersebut tak berlebihan, mengingat saat ini sudah banyak teknologi dan perangkat yang dulunya hanya ada di film fiksi ilmiah kini benar terwujud di dunia nyata, contohnya saja layar mengambang besutan Mitsubishi ini.

Ya, perusahaan asal Jepang yang lebih terkenal dengan produk otomotifnya tersebut itu kabarnya kini sedang mengembangkan layar atau display yang mengambang layaknya layar yang banyak ditampilkan pada film fiksi ilmiah. Seperti dilansir oleh BGR (19/2/16), layar ini nantinya bakal berukuran sekitar 56inci.

Tak hanya itu, layar buatan Mitsubishi ini kabarnya akan ditampilkan secara diagonal dan akan mengambang alias tidak lagi menempel pada dinding atau diletakkan di atas meja layaknya layar PC konvensional saat ini.

Pihak Mitsubishi dalam siaran persnya mengungkapkan jika komponen kunci dari teknologi layar terbarunya tersebut adalah balok splitter dan juga lembar retro-reflective. Balok splitter sendiri merupakan perangkat optik yang dapat membagi cahaya yang masuk ke dalam cahaya yang dipantulkan dan cahaya yang ditranmisikan, sedangkan lembar retro-reflective adalah perangkat optik yang memantulkan cahaya yang masuk kembali ke arah insiden.

Dengan kedua perangkat itu kabarnya tampilan layar bisa mengambang dengan sempurna. Pasalnya, cahaya yang diproyeksikan dari layar akan tercermin secara berurutan dari balok splitter dan kemudian baru oleh lembar retro-reflective, sehingga gambar yang dihasilkan nampak mengambang dengan apik.

Ilustrasi alur kerja teknologi layar mengambang Mitsubishi
© 2016 BGR.com

Sayangnya, belum diketahui kapankah teknologi layar ini akan menyapa para penggila teknologi. Semoga saja prototipe dari teknologi layar mengambang ini bisa segera dirilis.

 

WHAT TO READ NEXT ?