Kunjungi markas perusahaan teknologi di AS, Menkominfo siap unjuk gigi

Kunjungi markas perusahaan teknologi di AS, Menkominfo siap unjuk gigi

Techno.id - Kunjungan kenegaraan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat rupanya akan juga diikuti oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Keikutsertaan Rudiantara pada kunjungan Presiden Jokowi ternyata punya maksud tersendiri.

Disebutkan Menkominfo membawa misi khusus yakni menunjukkan Indonesia memiliki potensi besar di industri teknologi. Bahkan menurut Menteri yang akrab disapa Chief RA itu, dirinya ingin membuka cakrawala dunia terkait kesiapan Indonesia sebagai ekonomi digital terbesar di Asia Pasifik.

Nanti di sana kita akan terangkan bahwa Indonesia adalah the largest digital economy di Asia Pasifik lho. Kita bakalan jelaskan soal kesiapan roadmap ecommerce sudah sampai sini, dukungan pemerintah terhadap dunia digital juga tentu juga kita sampaikan," terang Chief RA.

Lebih lanjut, Menteri yang pernah malang melintang di industri telekomunikasi Tanah Air itu bakalan mempresentasikan seperti apa roadmap yang telah dirancang pihaknya demi mendukung e-commerce yang sedang naik daun di Indonesia.

"Untuk mencapai the largest digital economy, kita antara lain mengeluarkan roadmap ecommerce yang menghitung logistik, pendanaan, perpajakan dan sebagainya. Kemudian apa yang kita bisa manfaatkan dari Silicon Valley. Nanti mereka juga akan lihat dan bertanya Indonesia sudah nyiapin apa dan cara masuknya gimana," imbuhnya.

Kunjungan kenegaraan Jokowi ke AS dijadwalkan berlangsung pada tanggal 25-28 Oktober mendatang. Sedangkan Menkominfo sendiri akan berangkat lebih dulu pada 24 Oktober. Kunjungan kenegaraan rombongan Jokowi ke Negeri Paman Sam ini disebutkan bakalan dibagi dua.

Rudiantara menjelaskan dirinya akan menangani kunjungan di pesisir selatan AS, yang terkait dengan teknologi berikut markas berbagai perusahaan internet dan aplikasi tersohor di dunia. Sedangkan kunjungan di pesisir timur AS ditangani oleh Kementerian Luar Negeri.

(brl/red)