Konferensi e-Indonesia Initiative Forum bangun citra positif TIK

Konferensi e-Indonesia Initiative Forum bangun citra positif TIK

Techno.id - Konferensi e-Indonesia Initiative Forum kembali digelar untuk kesebelas kalinya. Kali ini, konferensi yang dihelat di Aula Barat Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut mengambil tema "Inovasi TIK untuk Indonesia Cerdas".

Menurut Prof Dr Kadarsah, Rektor ITB, tema tersebut diangkat tahun ini karena keberadaan TIK telah memberikan perubahan dalam pembangunan dan kualitas hidup manusia. Bahkan untuk menyelesaikan pelbagai permasalahan yang muncul terkait masalah urbanisasi.

"Acara e-Indonesia Initiative Forum ini merupakan yang kesebelas kalinya dan tahun ini menekankan TIK untuk Indonesia Cerdas baik di perkotaan maupun komunitas cerdas, juga dirangkaikan dengan Smart Indonesia Initiative Forum ke-1," ujar Prof Dr Kadarsah seperti dikutip dari Antara (15/10/15).

Dalam kesempatan yang sama, Prof Dr Suhono Harso, Ketua e-Indonesia Initiative Forum mengungkapkan bahwa konferensi yang terselenggara berkat kerja sama e-Indonesia Initiative Forum dan Smart Indonesia Initiative (SII) ini nantinya diharapkan bisa menghasilkan rekomendasi untuk pengembangan Indonesia yakni pengembangan ekosistem Indonesia cerdas.

"Konferensi ini membangun citra positif peran teknologi informasi dan komunikasi dan menjadi kesempatan komunikasi para pihak yang berkepentingan dalam mengembangkan, menerapkan, dan menggunakan teknologi, selain itu memfasilitasi sosialisasi program kebijakan TIK nasional," ujar Suhono.

Sekadar informasi, konferensi ini resmi dibuka oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir 15 Oktober 2015 kemarin. Konferensi yang bakal berakhir hari ini (16/10/15) tersebut, juga menghadirkan sejumlah pemakalah seperti Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, sejumlah ekonom, serta beberapa walikota dan narasumber lainnya.

(brl/red)