Ilmuwan Israel temukan cara untuk menyadap data lewat feature phone

Ilmuwan Israel temukan cara untuk menyadap data lewat feature phone

Techno.id - Terkoneksinya semua perangkat dengan internet saat ini membuat beberapa pihak memilih penyimpanan offline demi keamanan data mereka. Sayangnya, komputer yang "terisolasi (alias tak terkoneksi dengan internet, tidak terhubung dengan PC lain, atau tak dilengkapi dengan perangkat radio nirkabel) terbukti tak sepenuhnya aman.

Seperti dilansir dari Engadet.com (27/07/15), adalah sekelompok peneliti dari Ben-Gurion University, Israel, yang telah menemukan celah itu sekaligus memanfaatkannya. Hebatnya lagi, alih-alih menggunakan perangkat canggih, mereka hanya memanfaatkan sebuah malware sederhana serta satu unit feature phone, tanpa SIM card, jaringan internet, apalagi fitur Wi-Fi dan Bluetooth.

Para peneliti itu menemukan bahwa mereka ternyata bisa menyusupkan malware pada komputer target dan memanfaatkan memorinya untuk mengirimkan emisi radio berdaya rendah. Sinyal itu memang tak cukup kuat untuk mentransmisi data native-nya, tetapi sudah cukup untuk menerjemahkan semacam kode biner 0 dan 1.

Teknik ini memang tidak mudah, tetapi cukup ampuh untuk melumpuhkan protokol keamanan yang memblokir transmisi data. Bahkan, trik ini diklaim bisa dipakai untuk menyadap password atau lokasi GPS penting!

Berikut adalah ilustrasi uji coba dari teknik tersebut yang sanggup menyalin password dari PC korban:

(brl/red)