CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 28 Maret 2016 15:00

Haruskah konsumen menyerahkan data pribadi ketika membeli ponsel?

Apa alasan di balik menyertakan data pribadi ketika hendak membeli ponsel?

Haruskah konsumen menyerahkan data pribadi ketika membeli ponsel?

Techno.id - Di California, membeli handset baru mungkin tak semudah yang dibayangkan. Umumnya, konsumen hanya perlu mengeluarkan uang. Namun di negara bagian timur AS itu, data pribadi konsumen ternyata juga harus disetorkan.

Sebagaimana dikutip The Independent (27/03), Jackie Speier, seorang anggota kongress California, telah mengusulkan RUU yang mewajibkan para konsumen handset untuk juga menulis data pribadi mereka. Lalu, apa tujuan RUU ini?

Ya, tujuan RUU ini tak lain adalah untuk menambah lapisan keamanan dan meminimalisir tindakan membeli handset bertujuan ilegal. Singkat kata, para teroris diyakini akan lebih sulit berkomunikasi satu sama lain.

"Ruu ini akan menutup salah satu celah yang paling signifikan dalam kemampuan kita untuk melacak dan mencegah segala aksi teror, perdagangan narkoba, hingga perbudakan modern," ujar Jackie Speier.

Seperti diketahui, aturan serupa sebenarnya juga telah diterapkan di Indonesia. Jika Amerika Serikat memanfaatkan waktu konsumen yang hendak membeli handset, maka Indonesia adalah ketika konsumen ingin membeli kartu SIM.

WHAT TO READ NEXT ?