Google berbaik hati, TensorFlow dijadikannya open source

Google berbaik hati, TensorFlow dijadikannya open source

Techno.id - Kemarin (9/11/15), Google secara resmi merilis TensorFlow menjadi produk open source. Langkah dermawan Google ini kabarnya merupakan bentuk nyata raksasa teknologi asal Mountain View tersebut untuk mengembangkan dunia melalui mesin yang punya andil besar terhadap kemunculan teknologi image recognition Google Photos dan voice recognition Google Now.

Melalui postingan di blog resmi Google (9/11/15), Sundar Pichai CEO Google saat ini mengungkapkan bahwa langkah open source TensorFlow ini secara khusus dilakukan untuk membantu orang-orang agar mendapatkan tool yang tepat untuk mengembangkan perangkat dan riset di luar sana sehingga membuat teknologi dapat bekerja dengan lebih baik untuk semua orang.

"Kami berharap langkah open source TensorFlow dapat membawa dampak yang besar bagi dunia," ujar Sundar Pichai dalam postingan di blog resmi Google.

Pasca pengumuman ini, siapa saja dapat menggunakan learning machine generasi kedua ini, bahkan kompetitor Google sekali pun. Kendati ada indikasi nantinya akan digunakan oleh kompetitor, Google tak merasa khawatir. Justru perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin tersebut sangat senang jika mesin berlisensi Apache 2.0 ini bisa digunakan oleh semua kalangan, karena hal tersebut dapat membantu pengembangan mesin penerus DiestBelief (mesin pintar generasi pertama besutan Google).

(brl/red)