Di masa depan, Dubai gunakan manusia terbang untuk keadaan darurat

Di masa depan, Dubai gunakan manusia terbang untuk keadaan darurat

Techno.id - Tidak hanya dalam film fiksi, manusia terbang kini akan diwujudkan oleh pemerintah Dubai. Bukan hanya omong kosong, pasalnya seperti yang dilansir oleh BBC.com (11/11/15), Pertahanan Sipil Dubai telah menyepakati kerja sama dengan perusahaan dirgantara milik Selandia baru yakni Martin Aircraft untuk memproduksi jetpack. Jetpack adalah perangkat canggih bermesin jet yang memungkinkan manusia untuk terbang.

Hal ini diumumkan pemerintah Dubai untuk memproduksi peralatan tersebut bersama dengan Martin Aircraft di gelaran acara Dubai Air Show. Sementara ini, perangkat jetpack tersebut akan diprouduksi sebanyak 20 buah dan akan digunakan tahun 2016 mendatang.

Tidak ada rincian berapa harga yang dibayarkan pemerintah Dubai untuk memproduksi jetpack tersebut. Namun, harga satu jetpack dikatakan mencapai Rp 3,4 miliar. Namun pemerintah Dubai mengatakan jika jetpack ini tidak digunakan untuk orang awam.

Pasalnya jetpack ini akan digunakan untuk misi penyelamatan dan pengintaian, Seperti yang dikatakan oleh Direktur Pertahanan Sipil Dubai, Letnan Kolonel Ali Hasan Almutawa.

"Kadang-kadang kami memiliki tantangan dan kesulitan saat mencapai lantai atas bangunan tinggi di Dubai. Dengan alat ini kami bisa memodifikasinya dengan kamera thermal," katanya. "Hal ini bagus untuk penyelamatan," tambahnya.

Nantinya, jetpack ini akan dilengkapi dengan mesin 200hp V4 dan bisa terbang hingga 1000 meter serta bisa membawa beban seberat 120 kg. selain itu, jetpack ini juga akan dilengkapi dengan parasut untuk keselamatan pengendaranya.

Nah, manusia terbang layaknya Iron Man bukan lagi mimpi? Dubai akan memulainya. Bagaimana pendapat Anda?

(brl/red)