CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 27 November 2015 08:00

Di era online ini, TV masih menjadi sumber berita utama masyarakat

Selain TV, barulah situs pencarian dan media sosial dijadikan 'alat' selanjutnya.

Di era online ini, TV masih menjadi sumber berita utama masyarakat

Techno.id - Dewasa ini, mengonsumsi berita seperti sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat. Apalagi dengan adanya internet dan media sosial, menangkap berita dan informasi pun menjadi lebih mudah.

Uniknya, dalam laporan Global Generational Lifestyles edisi November 2015 yang dirilis Nielsen, internet belum menjadi sumber berita utama masyarakat secara global. Media televisi tercatat sebagai prioritas saat ini untuk mendapatkan berita. Setidaknya, ada 53 persen dari 30 ribu responden online dari 60 negara, termasuk Indonesia, yang lebih memilih televisi untuk urusan ini.

Di posisi kedua dan ketiga, barulah peran internet terlihat. Situs pencarian (38 persen) dan media sosial (33 persen) adalah sumber berita pendukung selain televisi. Namun, sumber berita konvensional sejenis koran cetak, majalah, hingga radio terbukti juga belum mati. Selengkapnya, survei dari Nielsen itu tersaji di grafis berikut:


Survei sumber berita utama yang disukai masyarakat © 2015 Nielsen

Ditinjau dari sisi tatanan jurnalistik, sebenarnya pilihan masyarakat ini cukup beralasan. Adanya internet memang memudahkan penyampaian dan penerimaan informasi, tetapi akurasinya kerap dinomorduakan. Meski televisi sendiri terkadang tak 100 persen lepas dari konspirasi, media arus utama setidaknya memiliki otoritas tinggi dan reputasinya lebih bisa dipertanggungjawabkan.

WHAT TO READ NEXT ?