Bapak pencetus SMS akhirnya meninggal di usia 63 tahun

Bapak pencetus SMS akhirnya meninggal di usia 63 tahun

Techno.id - Layanan pesan singkat atau yang juga akrab disebut SMS (Short Message Service) adalah salah satu metode komunikasi populer dan masih bertahan hingga sekarang. Pada saat Nokia merajai industri ponsel dunia, semua orang menganggap bahwa Nokia-lah pencetus layanan pesan singkat.

Namun faktanya, perusahaan ponsel legendaris asal Swedia tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya menciptakan metode komunikasi SMS. Melainkan (hak paten) lebih banyak disumbangkan oleh salah satu karyawannya yang bernama Matti Makkonen.

Seperti dikutip dari laman Softpedia (30/06/2015), hari ini, bapak pencetus SMS tersebut akhirnya meninggal dunia di usia yang ke-63 tahun. Menurut kabar yang beredar, kematian Makkonen disebabkan oleh penyakit komplikasi yang telah lama di deritanya. Namun sayangnya, sumber tersebut enggan menjelaskan jenis penyakit Makkonen lebih rinci.

Pria yang dulunya berprofesi sebagai mantan Direktur Utama Finnet Ltd. dikenal sebagai sosok pria yang rendah hati dan sederhana. Meskipun ia memiliki hak paten lebih banyak, ia tetap menganggap dan memuji Nokia sebagai 'rekan kerja' dalam membantu memopulerkan teknologi pesan singkat yang dicetusnya.

Jarmo Matilainen selaku Managing Director of Finnish Telecoms Group Finnet Association sekaligus sahabat Makkonen mengaku sangat terpukul atas meninggalnya rekan kerja terdekatnya itu. Ia bahkan menyebut bahwa Makkonen ialah sosok "Grand Old Man of the Mobile Industry".

"Ini (kematian Makkonen) sangat menyedihkan. Ia sebentar lagi telah memasuki masa pensiun dan seharusnya masih memiliki hidup dalam bertahun-tahun ke depan," ujar Matilainen.

(brl/red)