CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 18 Maret 2016 18:39

3 Aplikasi OTT nasional akan disematkan ke dalam SIM Card?

Menkominfo berharap tiga aplikasi OTT nasional bisa tersedia secara gratis di dalam SIM Card.

3 Aplikasi OTT nasional akan disematkan ke dalam SIM Card?

Techno.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara berharap bahwa aplikasi dari pelaku (OTT) Over The Top nasional yang didukung (ATSI) Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi seperti Catfiz, Sebangsa, dan Qlue bisa disematkan ke dalam smartphone pengguna di Indonesia.

Ketiga aplikasi tersebut diharapkan bisa disediakan secara gratis di seluruh SIM Card pada masing-masing operator telekomunikasi. Dengan begitu, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi OTT nasional dari Play Store.

Terlebih lagi, harga aplikasi tersebut tidak terlalu mahal, mungkin sekitar Rp 20. Jadi, kalau aplikasi OTT nasional disematkan ke dalam 160 juta SIM Card, maka operator hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp 3,2 miliar.

"Satu aplikasi itu biasanya berapa megabyte sih? Paling 20 megabyte. Nah, katakanlah untuk mengunduh satu aplikasi hanya membutuhkan biaya Rp 20, sementara SIM Card-nya ada 160 juta, total hanya Rp 3,2 miliar," kata Rudiantara saat peluncuran tiga OTT nasional di gedung Telkomsel, Jakarta, seperti yang disadur dari Merdeka (18/3/2016).

Tak hanya itu, Rudiantara juga berharap agar ketiga OTT nasional tersebut bisa lebih sukses dari OTT internasional seperti Facebook, WhatsApp, dan lain-lain.

WHAT TO READ NEXT ?