CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 10 November 2015 12:00

25 dari 100 Persen situs di internet berplatform WordPress

W3Techs: Platform WordPress saat ini digunakan oleh 25 persen situs yang saat ini beroperasi di internet

25 dari 100 Persen situs di internet berplatform WordPress

Techno.id - Saat ini, software Content Management System (CMS) sudah sangat populer digunakan dalam membangun sebuah situs. Hal ini tak lain adalah karena CMS dapat membuat konten yang bersifat dinamis, sehingga tidak diperlukan kemampuan coding khusus saat ingin memperbarui situs.

Bicara soal software CMS, salah satu yang paling terkenal adalah WordPress. Begitu populernya, data terbaru dari W3Techs (08/11) bahkan melaporkan jika software gratis ini sudah digunakan oleh 25 persen dari keseluruhan situs yang saat ini beroperasi di internet.

"WordPress sudah digunakan oleh 58,7 persen situs yang menjalankan software CMS. Yang kami ketahui, jumlah ini sama dengan 25 persen dari keseluruhan situs di internet," tulis laporan W3Techs sebagaimana dikutip dari VentureBeat.

Dalam laporan tersebut, W3Techs memaparkan perkembangan platform WordPress selama beberapa tahun terakhir. Sejak awal 2011, jumlah situs yang menggunakan engine WordPress sudah mencapai sebesar 13,1 persen. Angka itu meningkat jadi 15,8 persen di tahun-tahun berikutnya hingga kini yang mencapai 25 persen.

Sementara itu, platform Joomla berada di posisi kedua dengan rentan persentase yang cukup terpaut jauh dengan WordPress, yakni hanya sebesar 2,8 persen. Adapun posisi Blogger besutan Google saat ini justru merosot ke posisi kelima dengan raihan persentase sebesar 1,2 persen saja.

WHAT TO READ NEXT ?