Wujudkan sistem database terintegrasi, Kemensos buat aplikasi SIKS

Wujudkan sistem database terintegrasi, Kemensos buat aplikasi SIKS

Techno.id - Demi mewujudkan sistem database yang terintegrasi dan up-to-date, Kementerian Sosial baru-baru ini meluncurkan aplikasi SIKS atau Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial. Rencananya saat seratus persen sudah siap, aplikasi ini akan digunakan di tiap-tiap provinsi dan kabupaten atau kota di seluruh Indonesia.

Seperti dilansir oleh Antara (2/12/15), SIKS merupakan sebuah sistem sekaligus sarana untuk menghimpun dan menyajikan data dan informasi terkait penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Keberadaan maupun fungsi aplikasi ini nantinya akan sangat tergantung pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang diterap-kembangkan secara berjenjang dan berkesinambungan.

Kepala Badan Pendidikan dan Penelitian Kemensos Mukman Nuryana menjelaskan jika nantinya SIKS diharapkan bisa berkontribusi signifikan dalam mengawal tugas dan tanggung jawab Kemensos sebagai leading sector dalam penanggulangan kemiskinan sesuai amanah undang-undang nomor 13 tahun 2011. Oleh karena itu, penggunaan SIKS ini nantinya diharapkan juga bisa didukung dengan SDM pengelola yang berkompeten.

"Diharapkan peningkatan kapasitas SDM di bidang SIKS ini tidak saja membangun kesamaan persepsi tentang urgensi dan pengembangan SIKS dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, namun juga dalam mendayagunakannya sebagai basis data terpadu untuk penanganan kemiskinan dan masalah kesejahteraan sosial lainnya," pungkas Mukman.

(brl/red)