Pergeseran pola, pengguna lebih cerdas gunakan sosial media

Pergeseran pola, pengguna lebih cerdas gunakan sosial media

Techno.id - Melihat peralihan pola pengguna sosial media, Antonny Liem, CEO MCM mengatakan bahwa pengguna sosial media khususnya di Indonesia sudah lebih bijak menggunakan sosial media.

Sementara itu dibandingkan pengguna di luar negeri, Antonny mengatakan, "Karakternya sama saja, bedanya mungkin kita lebih banyak yang muda karena di Indonesia populasi demografi-nya besar. Jumlah pengguna sosial media di Indonesia berada di posisi keempat setelah Amerika, India dan Tiongkok. Sementara untuk di Asia, Indonesia berada di peringkat pertama.

Saat ini ditambahkannya, Penggunaan sosial media bukan cuma sekedar kepo tapi memang ada yang buat galang dana, utuk melakukan kebaikan, untuk mengembangkan komunitas, bahkan ada yang untuk belajar.

Lebih lajut, Antonny melihat sosial media kini juga digunakan untuk membuat opini dan branding oleh perusahaan. "Sosial media untuk bisnis jelas sangat besar, apalagi sekarang kalau kita bicara sosial media untuk brand-brand besar mereka sudah paham salah satu cara untuk menjangkau customer mereka adalah melalui sosial media," ungkapnya.

Meski banyak hal positif yang dilakukan melalui sosial media, hal negatif masih ditemui.

"Masih ada sekian persen Troll, orang yang ngomong negatif. Tidak mungkin 100 persen bagus semua. Bahkan, sebenarnya di luar negeri banyak yang nge-tweet lebih parah dari kita," kata Antonny.

(brl/red)