CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 26 Januari 2016 17:00

Pengguna 'spesial' Twitter tak akan melihat konten iklan lagi

Tujuannya ialah supaya user yang digolongkan sebagai 'VIP tweeps' itu bisa fokus nge-tweet dan tak meninggalkan Twitter.

Pengguna 'spesial' Twitter tak akan melihat konten iklan lagi

Techno.id - Sebagaimana media sosial lain, Twitter mendapatkan pemasukan dari menampilkan iklan ke penggunanya. Akan tetapi, melansir Recode.net (25/01/16), sedari beberapa bulan terakhir, Twitter sudah mengurangi iklan yang ditampilkan bahkan berhenti menampilkannya. Aturan ini ternyata telah diterapkan ke segelintir user-nya yang mereka nilai penting sekaligus aktif.

Narasumber yang dikutip oleh Recode.net tersebut mengatakan Twitter sudah menerapkan kebijakan ini sejak Jack Dorsey masuk kembali sebagai CEO pengganti. Dorsey pun tetap memberlakukannya saat ia resmi menyandang CEO medsos berlambang burung itu untuk yang kedua kalinya.

Kendati demikian, strategi ini bukan tanpa kontroversi. Bagi Twitter, yang notabene sudah susah-payah mendatangkan pengguna baru untuk mengejar si raksasa Facebook, ketetapan ini dinilai merugikan user baru. Namun, tujuannya juga tak kalah penting, yakni mempertahankan pengguna 'spesial'-nya agar tidak meninggalkan Twitter dan terus menghasilkan konten untuk para followers-nya.

Peter Kafka, jurnalis Recode yang memiliki 70 ribu followers, mengklaim dirinya adalah anggota dari segelintir 'VIP tweeps' tersebut. Sebab, ia tak melihat adanya iklan lagi saat berinteraksi di Twitter. Hal yang sama juga dialami rekannya yang memiliki 1 juta pengikut.

Menurut Anda, apakah strategi dari Twitter ini perlu dilakukan?

WHAT TO READ NEXT ?