CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 6 Juni 2015 18:00

Facebook Lite bikin betah user saat ber-Facebook ria di koneksi lambat

Tak hanya itu, aplikasi super mini ini juga membuat Facebook mudah diakses oleh siapa saja, terutama oleh pengguna Android.

Facebook Lite bikin betah user saat ber-Facebook ria di koneksi lambat

Techno.id - Demi melayani 1,44 miliar penggunanya di seluruh dunia, Facebook terus berbenah. Menyadari bahwa tak semua penggunanya memiliki koneksi yang cepat dan gadget yang mumpuni untuk mengakses semua fitur Facebook, mereka pun membuat alternatif baru berupa Facebook Lite.

Aplikasi ini mengizinkan user Facebook supaya tetap bisa mengakses media sosial terpopuler itu, meski dengan bandwidth minimum atau ponsel lawasnya. Cara kerja utamanya ialah dengan mengompres ukuran konten, sehingga paket data yang dibutuhkan tak banyak. Facebook Lite juga didesain supaya bisa bekerja maksimal dengan memanfaatkan koneksi 2G saja.


Facebook Lite © 2015 Facebook

Menurut rilis persnya (04/06/15), fitur utama dan khas milik Facebook, seperti News Feed, status updates, foto, notifikasi, dan lain-lain, tidak ditanggalkan di aplikasi ini. Yang tak ditemui di Facebook Lite hanyalah layanan sekunder, seperti sistem pencari teman terdekat.

Facebook Lite bisa diunduh di Play Store. Asyiknya, aplikasi ini berukuran sangat mini, yakni 435kb saja. OS Android minimal yang dibutuhkan pun hanya Android 2.2 Froyo, sehingga mayoritas pengguna Android bisa terhubung dengan Facebook.

Dengan adanya Facebook Lite, diharapkan pengguna aktif media sosial buatan Mark Zuckerberg itu bisa tetap terkoneksi. Sementara ini, sasaran utama dari Facebook Lite adalah pengguna di Asia. Namun dalam beberapa waktu mendatang, layanan ini juga bakal merambah Amerika Latin, Afrika, dan Eropa.

WHAT TO READ NEXT ?