CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 2 April 2016 21:00

Ilmuwan NASA berencana gunakan jamur untuk pantau perubahan iklim

Jamur dari jenis Mikoriza diklaim dapat menunjukkan reaksi pohon saat terjadinya perubahan iklim.

Ilmuwan NASA berencana gunakan jamur untuk pantau perubahan iklim

Techno.id - Terobosan baru saja dilakukan oleh para ilmuwan dari NASA Jet Propulsion Laboratory atau yang biasa disingkat JPL. Para ilmuwan badan antariksa Amerika itu dikabarkan bakal menggunakan jamur untuk memantau terjadinya perubahan iklim di masa depan.

Jamur yang dimaksud oleh para peneliti merupakan jenis mikoriza yang biasa menempel pada akar pohon. Dengan mengamati mikoriza yang menempel pada akar pohon di hutan-hutan seluruh dunia, diharapkan di masa depan proses pemantauan perubahan iklim dalam kaitannya dengan kelangsungan hidup pepohonan atau lingkungan hidup dapat teramati dengan baik.

Sebagaimana dilansir oleh Engadget (1/4/16), para peneliti NASA JPL kabarnya akan menggunakan metode pengamatan via satelit dari Observatory Global Forest Earth Smithsoian Institution. Mereka berencana akan memetakan 'hubungan' yang terjadi antara jamur dengan pohon sebagai inangnya.

Penemuan sementara dari para peneliti menyebutkan jika proses simbiosis yang terjadi antara mikoriza dan akar pohon dapat menunjukkan perubahan iklim yang terjadi. Tandanya adalah berupa bergugurannya beberapa pohon di waktu tertentu dan kembali menghijaunya dedaunan pohon saat kurun proses hubungan dalam beberapa waktu tertentu.

Dengan ditemukannya metode ini, para peneliti berharap masalah pencemaran lingkungan dan juga pengrusakan lingkungan karena tingkat polusi yang meningkat dapat diatasi di masa depan.

WHAT TO READ NEXT ?