Apakah benar Planet Mars aman untuk dihuni manusia?

Apakah benar Planet Mars aman untuk dihuni manusia?

Techno.id - Banyak film yang bercerita tentang keberhasilan umat manusia untuk mendarat dan mengeksplor Planet Mars. Bahkan dalam film The Martians, seorang astronot mampu untuk bertahan hidup di planet merah ini.

Banyak penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan terkait Mars. Seperti yang telah diberitakan oleh Popular Science pada hari Rabu (28/10/15), para ilmuwan tersebut sedang meneliti, apakah Mars memang bisa didarati suatu saat nanti.

Konon, para peneliti mengatakan bahwa beberapa gua seperti Hebrus Valle atau Gusev Crater memiliki kemungkinan untuk dijadikan tempat tinggal suatu hari nanti. Meski demikian, para ilmuwan masih terus menyelidiki dan berharap mereka bisa langsung meninjau lokasi untuk memastikannya.

Apakah benar Planet Mars aman untuk dihuni manusia?

Seorang ilmuwan planetarium University of New Mexico, Zachary Gallegos mengatakan, "Aku sedang memilih tempat yang mungkin bisa kudarati kelak," ujarnya.

"Impianku adalah bisa jadi orang pertama yang berjalan-jalan di Mars," ucap Alex Longo, salah seorang ilmuwan dan Mars Explorer serta salah satu dari 100 orang terpilih dalam proyek yang bernama The Mars One Mission, sebuah perjalanan one-way ke Mars.

Permasalahan yang dihadapi para ilmuwan adalah landing spot yang dirasa kurang aman. Mereka mentargetkan, paling tidak terdapat lahan seluas 25 km2 untuk mendaratkan pesawat dan ransum dengan aman.

Apakah suatu saat nanti umat manusia bakal membangun real estate di Mars? Bagaimana menurut Anda?

(brl/red)