Xiaomi 13 akhirnya resmi dirilis, miliki casing tahan terhadap noda cat

Xiaomi 13 akhirnya resmi dirilis, miliki casing tahan terhadap noda cat

Techno.id - Setelah sempat ditunda akibat negara China sedang berkabung atas meninggalkan salah satu tokoh, Xiaomi akhirnya merilis smartphone flagship anyarnya. Xiaomi secara resmi meluncurkan Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro pada Minggu 11 Desember waktu setempat. Xiaomi 13 menjadi varian paling dasar dengan chipset baru bentukan Qualcomm.

Xiaomi 13 membawa desain berbeda daripada seri pendahulunya Xiaomi 12. Perbedaan menonjol tampak dari bagian casing belakang. Xiaomi 13 lebih memberikan kesan mewah dan eye catching. Xiaomi juga memberikan varian spesial, dengan warna lebih funky.

Xiaomi memberikan peningkatan spek untuk seri Xiaomi 13 ini. Lantas bagaimana dengan rincian kecanggihannya? Kali ini techno.id akan memberikan spesifikasi lengkap dari Xiaomi 13 yang dirangkum dari berbagai sumber pada Senin (12/12).

1. Desain body.

Xiaomi 13 akhirnya resmi dirilis, miliki casing tahan terhadap noda cat

foto: mi.com

Xiaomi 13 mempunyai konsep desain yang elegan. Terdapat modul kamera dengan bentuk kotak, di dalamnya ada tiga lensa kamera, dan tulisan Leica. Menandakan bahwa Xiaomi meracik kemampuan kamera bersama Leica. Seperti diketahui, Leica telah menjalin kerja sama dengan Xiaomi setelah beberapa waktu bersama Huawei.

Casing dari Xiaomi 13 memiliki tekstur kulit jeruk. Membuatnya nyaman untuk dicengkram dan anti gores. Kemudian casing belakang oleh Xiaomi diberikan teknologi anti noda nano-skin berbahan polimer silikon. Artinya casing belakang Xiaomi 13 tahan terhadap noda cat sekali pun.

Frame dari Xiaomi 13 dibuat dengan material aluminium dengan ketahanan tinggi. Bagian sudut dari frame berbentuk 3D melekung, agar tangan pengguna tetap merasa nyaman membawa ponsel di segala posisi. Terdapat tombol volume dan power di bagian samping kanan frame. Kemudian di bagian bawah diisi dengan port USB type-C dan speaker.

Xiaomi 13 tersedia dalam varian warna putih, hitam, biru dan hijau. Terdapat opsi spesial edisi dengan warna biru, merah, kuning, hijau, dan abu-abu. Body dari perangkat sudah mengantongi sertifikasi ketahanan IP68, membuatnya tahan dari di kedalaman air 1.5 meter selama 30 menit. Adapun untuk ukuran body sebesar 152.8 x 71.5 x 8.0 mm bobot 185 gram.

2. Panel display.

Xiaomi 13 akhirnya resmi dirilis, miliki casing tahan terhadap noda cat

foto: mi.com

Xiaomi 13 membawa panel display type OLED berukuran 6.36 inch. Layar tersebut dapat memberikan resolusi grafis Full HD 1080 x 2400 pixel kerapatan 414 ppi density. Teknologi screen yang dipasang dapat dikatakan diupdate, hingga memberikan tingkat kecerahaan 1900 nits peak. Kemudian layar juga mampu mencapai refresh rate hingga 120 Hz. Xiaomi juga menyematkan teknologi dari Dolby Vision agar tampilan grafis lebih tajam, dan telah mengantongi sertifikasi dari HDR10+.

3. Dapur pacu.

Xiaomi 13 akhirnya resmi dirilis, miliki casing tahan terhadap noda cat

foto: mi.com

Xiaomi 13 dibekali dengan chipset bentukan Qualcomm seri tertinggi dan terbarunya, Snapdragon 8 Gen 2 fabrikasi 4nm. Chip tersebut menggunakan kombinasi CPU octa-core clock speed hingga 3.2Ghz dan GPU dari Adreno 740. SoC diklaim mampu memberikan peningkatan kinerja CPU hingga 37% dan GPU 42% dibandingkan versi pendahulunya. Terdapat sistem pendinginan VC berukuran 4642mm. Adapun sistem operasi smartphone ini telah memakai basis Android 13 dan interface MIUI 14.

Xiaomi 13 memiliki varian RAM 8 GB dan 12 GB. Sedangkan untuk ROM memakai teknologi UFS 4.0 berkapasitas 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Sayangnya tidak ada opsi penambahan kapasitas ROM secara eksternal menggunakan card slot.

4. Kamera.

Xiaomi 13 akhirnya resmi dirilis, miliki casing tahan terhadap noda cat

foto: mi.com

Hal menjadi nilai jual tinggi dari Xiaomi 13 ada di sektor kamera. Leica dan Xiaomi meracik kamera smartphone dengan kombinasi lensa wide SONY IMX800 resolusi 50 MP f/1.8, dilengkapi sensor PDAF, dan OIS. Kemudian lensa utama tersebut ditemani lensa ultrawide 12 MP yang mampu mengambil sudut foto 120 derajat, dan 10 MP telephoto, PDAF, OIS, dan dapat melakukan 3.2x optical zoom. Kombinasi kamera tersebut mampu memberikan kualitas rekaman video hingga 8K di kecepatan 24 fps (HDR).

Beralih ke kamera selfie, Xiaomi meletakkan lensa melalui punch-hole di atas tengah layar. Untuk lensa yang digunakan memiliki resolusi 32 MP f/2.0.

5. Baterai dan fitur lainnya.

Xiaomi 13 akhirnya resmi dirilis, miliki casing tahan terhadap noda cat

foto: mi.com

Xiaomi 13 membawa baterai dengan kapasitas 4.500 mAh. Xiaomi membekali perangkat dengan fast charging 67 Watt, PD3.0, QC4, yang mampu melakukan pengisian daya hingga 100% dalam waktu 38 menit saja. Smartphone juga mendukung wireless charging hingga 50 Watt, dan 10 Watt reverse wireless.

Adapun fitur lain yang disematkan untuk Xiaomi 13 antara lain NFC, IR Blaster, Bluetooth 5.3, dan stereo speaker racikan dan Dolby Atmos. Terdapat sensor keamanan under display optical, accelerometer, proximity, gyro, compass, dan color spectrum.

(brl/guf)