Curved monitor gaming Asus ROG Strix XG49WCR resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

Curved monitor gaming Asus ROG Strix XG49WCR resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

Techno.id - Asus merupakan sebuah perusahaan besar yang telah lama merilis produk elektronik dengan kualitas unggulan. Hadirnya Asus dalam pasar persaingan elektronik memberikan lebih banyak opsi yang bisa dipilih saat ingin meminang produk elektronik seperti smartphone, laptop, komponen komputer, hingga beberapa aksesori pendukung seperti mouse, keyboard, headset, hingga monitor.

Belum lama ini, Asus kembali merilis monitor baru dengan spesifikasi tinggi. Asus ROG Strix XG49WCR merupakan sebuah curved monitor gaming yang memiliki spesifikasi tinggi. Sesuai namanya, Asus ROG Strix XG49WCR merupakan sebuah monitor dengan layar melengkung yang membuatnya nyaman digunakan saat memainkan berbagai game.

Layar melengkung dengan resolusi 5K yang disematkan memberikan kenyamanan lebih saat memainkan berbagai game berat. Tak hanya resolusi layar yang tinggi, ROG Strix XG49WCR juga memiliki keunggulan lain di bagian layar. Selain itu, desain garang dari Asus ROG Strix XG49WCR juga menjadi nilai jual utama yang membuat monitor gaming satu ini patut untuk dilirik.

Berkenaan dengan produk anyar tersebut, berikut techno.id terlah merangkum dari berbagai sumber pada Kamis (12/1), spesifikasi Asus ROG Strix XG49WCR.

Spesifikasi Asus ROG Strix XG49WCR

Curved monitor gaming Asus ROG Strix XG49WCR resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: rog.asus.com

Asus ROG Strix XG49WCR merupakan sebuah monitor gaming yang memiliki tampilan mewah dan elegan. Dominasi warna hitam pada Asus ROG Strix XG49WCR membuat monitor gaming satu ini terkesan sangat proporsional untuk dipajang sebagai perangkat gaming.

Asus memang belum mengkonfirmasi secara resmi dimensi dan bobot dari ROG Strix XG49WCR. Namun mengingat ukuran layar yang disematkan pada monitor satu ini, dimensi dan bobot Asus ROG Strix XG49WCR tidak bisa dibilang ringkas dan ringan.

Menyinggun ukuran layar, Asus ROG Strix XG49WCR dibekali penampil gambar dengan ukuran 49 inch ultra-wide curved screen. Layar curved atau yang dapat disebut melengkung dengan ukuran 49 inch tentu tidak bisa dibilang kecil. Asus mengklaim bahwa layar yang ada pada ROG Strix XG49WCR dapat dibagi menjadi dua bagian dengan ukuran 27 inch 1440p. Dengan ukuran tersebut, kegiatan multitasking tentu bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Tak hanya memiliki ukuran yang besar, layar ROG Strix XG49WCR juga memiliki resolusi tinggi di angka 5120 1440 pixels dengan aspect ratio of 32:9. Resolusi tinggi hingga 5K ini tentu memberikan ketajaman warna yang tinggi. Sesuai yang telah dijelaskan di atas layar dengan ukuran besar pada Asus ROG Strix XG49WCR akan nyaman digunakan untuk memudahkan banyak keperluan. Dukungan resolusi 5120 1440 pixels tentu menambah kenyamanan setiap pengguna saat mengoperasikannya.

Curved monitor gaming Asus ROG Strix XG49WCR resmi rilis, ini spesifikasi lengkap dan harganya

foto: rog.asus.com

Bagian yang tak boleh ketinggalan dari Asus ROG Strix XG49WCR adalah teknologi refresh rate yang disematkan. Asus mengklaim bahwa ROG Strix XG49WCR memiliki teknologi refresh rate 165 Hz yang membuatnya mulus dan lancar saat digunakan. Selain memiliki kemulusan layar yang tinggi, ROG Strix XG49WCR juga memiliki color gamut 125% sRGB.

Selain andal saat digunakan untuk membuka banyak game berat dengan lancar, akurasi warna tinggi pada monitor satu ini juga memberikan kenyamanan lebih saati digunakan untuk melakukan proses editing baik foto maupun video.

Asus juga menyematkan teknologi ROG Strix XG49WCR adaptive-sync for VRR baik pada NVIDIA maupun AMD. Bagi yang belum tahu, adaptive-sync pada NVIDIA atau yang dikenal dengan NVIDIA G-SYNC dan adaptive-sync AMD atau yang dikenal dengan AMD FreeSync merupakan fitur yang membuat perangkat yang digunakan seperti komputer bisa menyesuaikan refresh rate dengan baik. Penyesuaian refresh rate pada komputer dan monitor membuat kenyamanan setiap pengguna bisa meningkat.

Agar monitor gaming satu ini bisa dioperasikan semakin nyaman, Asus memberikan koneksi unggulan berupa DisplayPort 1.4, HDMI 2.0, USB type-C, USB data ports, dan RJ45. Dengan banyaknya port yang dapat digunakan, setiap pengguna tentu bisa memaksimalkan pemakaian monitor gaming satu ini.

Tak hanya kualitas, pada setiap port tersebut juga memiliki spesifikasi tinggi khususnya USB type-C. Dengan port tersebut, setiap pengguna bisa memaksimalkan fitur yang telah disebutkan di atas. Terlebih lagi, port USB type-C pada Asus ROG Strix XG49WCR telah mendukung 65W reverse power supply yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya laptop yang dimiliki setiap pengguna.

Harga dari Asus ROG Strix XG49WCR sendiri akan dibanderol dengan harga yang lumayan tinggi. Dilansir dari gizmochina.com, Asus ROG Strix XG49WCR akan dibanderol dengan harga 1199 Euro atau setara Rp 19,7 jutaan. Untuk sebuah monitor gaming, harga tersebut memang termasuk tinggi. Namun mengingat spesifikasi tinggi yang disematkan, harga tersebut termasuk wajar.


(brl/guf)