The Guardian, ajak remaja hindari kekerasan dalam berpacaran

The Guardian, ajak remaja hindari kekerasan dalam berpacaran

Techno.id - Tahukah Anda bahwa sebuah aplikasi game ternyata bisa menjadi sarana edukasi bagi kaum muda mengenai isu-isu sosial. The Guardian: TDV Missions, adalah salah satu contoh aplikasi game yang hadir untuk mengedukasi kaum muda mengenai isu-isu sosial, terutama mengenai bahaya kekerasan dalam berpacaran.

Aplikasi game yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Play Store dan App Store ini, mengajak Anda para remaja untuk lebih peka dan terbuka mengenai kekerasan yang mungkin dialami selama berpacaran, seperti kekerasan fisik atau kekerasan mental. Aplikasi game ini nantinya akan meminta Anda menjadi karakter Guardian (karakter malaikat kecil) yang siap membantu 3 orang remaja menghadapi dan menyelesaikan masalah kekerasan yang dialaminya. Game yang diluncurkan pada 10 Juli 2014 oleh Jennifer Ann Group ini, terdiri dari 3 bagian dengan tantangan yang berbeda-beda di setiap levelnya.

The Guardian, ajak remaja hindari kekerasan dalam berpacaran

Di bagian pertama, Anda harus terbang ke sana kemari dan melewati beberapa hambatan untuk membantu remaja yang mendapat perlakuan kasar. Selanjutnya di bagian kedua, Anda akan diminta membantu remaja tersebut menghindari pelecehan atau kekerasan lainnya, dengan cara mengidentifikasi semua tanda-tanda kekerasan melalui papan peringatan yang akan muncul pada layar ponsel Anda. Lalu, setelah Anda berhasil mengatasi tiga jenis kekerasan yang dialami remaja tersebut, Anda akan diminta untuk mendorong remaja tersebut mencari bantuan dengan cara mengguncang-guncang ponsel ke arah sumber bantuan (orang tua). Nah, jika Anda berhasil membantu remaja tersebut lolos dari kekerasan maka Anda akan mendapatkan sayap emas sebagai hadiah atas keberhasilan Anda menyelesaikan setiap tantangan di games ini.

The Guardian: TDV Mission sebenarnya merupakan sebuah kampanye yang dilakukan Drew Crecente, pendiri Jennifer Ann Group, ibu dari remaja putri bernama Jennifer Ann Crecente yang meninggal akibat kekerasan yang dilakukan oleh mantan kekasihnya. Dilansir oleh BoingBoing (16/3/15), sejak 2008, Drew Crecente dan Jennifer Ann Group menyelenggarakan sebuah sayembara desain aplikasi game setiap tahunnya di bulan Februari untuk mengajak masyarakat di seluruh penjuru dunia memerangi kekerasan dalam berpacaran terutama pada remaja.

The Guardian, ajak remaja hindari kekerasan dalam berpacaran

(brl/red)