Simpan koleksi foto ke tiga layanan gratis sekaligus secara otomatis

Simpan koleksi foto ke tiga layanan gratis sekaligus secara otomatis

Techno.id - Terbatasnya kapasitas memori di smartphone adalah hal yang cukup menjengkelkan bagi mereka yang terbiasa mengabadikan berbagai momen melalui kamera smartphone. Android user mungkin dapat mengakali dengan menambah kapasitas memori eksternal. Namun bagi iPhone user, mereka mungkin harus menyinkronisasikan dengan aplikasi Dropbox atau sejenisnya.

Di samping kedua cara di atas, sebenarnya ada satu cara lagi yang mungkin saat ini masih banyak orang-orang belum mengetahuinya. Sekadar informasi bahwa cara ini tergolong mudah dan tidak memakan biaya sama sekali, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi baru bernama Do Camera yang dikembangkan oleh IFTTT.

Simpan koleksi foto ke tiga layanan gratis sekaligus secara otomatis

Keunggulan Do Camera yang tidak dimiliki oleh aplikasi sejenis lainnya adalah aplikasi ini juga dapat diintegrasikan dengan Dropbox, Facebook, Google Drive, Twitter, dan Gmail. Jadi dengan kata lain, Do Camera membuat Anda memiliki ruang penyimpanan online yang ekstra besar dan dapat dilakukan hanya melalui satu aplikasi saja.

Alasan lain untuk menggunakan Do Camera adalah pengguna dapat menentukan sendiri foto mana saja yang akan diunggah secara manual dan otomatis, berbeda dengan aplikasi Dropbox yang hanya menyediakan pilihan otomatis. Sementara itu, aplikasi ini juga telah tersedia untuk platform iOS dan Android.

Hal menarik lainnya adalah Do Camera dapat menyimpan koleksi foto dari smartphone ke berbagai layanan populer di atas secara sekaligus dan otomatis. Dengan begitu kemungkinan kehilangan data akan jauh lebih kecil karena memiliki tempat penyimpanan cadangan lebih banyak.

Alasan lain untuk menggunakan Do Camera adalah pengguna dapat menentukan sendiri foto mana saja yang akan diunggah secara manual maupun otomatis. Fitur ini berbeda dengan aplikasi Dropbox yang hanya menyediakan pilihan secara otomatis. Aplikasi ini juga telah tersedia untuk platform Android dan iOS.

Cara menggunakan aplikasi ini juga cukup mudah. Hal pertama yang harus dilakukan setelah menginstall aplikasi ini adalah registrasi (gratis) di situs resmi ifttt.com. Kemudian langkah selanjutnya adalah mengintegrasikan akun Do Camera dengan layanan could storage yang akan digunakan (Gmail akan dipilih sebagai opsi default). Setelah itu, Anda dapat mulai menikmati fasilitas yang ditawarkan oleh aplikasi Do Camera sepenuhnya.

(brl/red)