Product Activation Failed? Ini cara mudah aktivasi Microsoft Office di PC dan laptop

Product Activation Failed? Ini cara mudah aktivasi Microsoft Office di PC dan laptop

Techno.id - Salah satu program Microsoft Office yang kerap digunakan yaitu Microsoft Word untuk mengolah dokumen. Dari lembar kosong, Microsoft Word dapat digunakan untuk mengkreasikan apa saja dari surat, grafik, CV, skripsi, dan berbagai jenis dokumen nyaris semuanya bisa dimanfaatkan menggunakan Microsoft Word.

Nantinya file hasil pekerjaan tersebut disimpan dalam bentuk file. Opsi untuk dicetak pun juga tersedia. Hampir di semua jenis laptop atau PC, tersedia Microsoft Word. Namun ketika digunakan tak jarang juga terjadi kendala yang menghambat. Salah satunya yang umum ditemukan adalah Microsoft Word tidak bisa bekerja optimal karena ada beberapa fitur yang tidak bisa berfungsi. Ini ditandai dengan tulisan Product Activation Failed pada bagian atas halaman Word.

Tak cuman beberapa fiturnya saja, Microsoft Word pun sama sekali tak bisa digunakan, ketika dijumpai di beberapa kasus. Masalah 'Product Activation Failed' juga tidak hanya terjadi di Microsoft Word saja. Produk Microsoft Office lain yakni Excel, PowerPoint, dan lain-lainnya juga bisa mengalami hal serupa.

Product Activation Failed? Ini cara mudah aktivasi Microsoft Office di PC dan laptop

foto: support.microsoft.com

Product Activation Failed bisa terjadi karena produk Microsoft Office tidak memiliki lisensi. Baik Microsoft Office bajakan atau tidak bajakan, masalah Product Activation Failed tetap memiliki kemungkinan yang sama untuk mengalami masalah semacam ini. Kemungkinan juga penyebab lainnya seperti masa free trial yang sudah habis ataupun produk Microsoft Office itu sendiri yang bermasalah.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Dilansir dari berbagai sumber oleh techno.id pada Rabu (12/4) dari berbagai sumber, berikut cara mudah aktivasi Microsoft Office di PC dan Laptop.

1. Buka PC atau Laptop, lalu pergi ke File Explorer (bisa tekan tombol Windows + E)

2. Buka disk (C:), pilih Program Files

3. Pilih folder Microsoft Office, lalu pilih Office15

4. Pada kolom search, ketik OSPPREARM untuk dicari

5. Jika sudah ditemukan, klik kanan, pilih Run As Administrator

6. Setelah selesai tunggu beberapa saat

Tanda Microsoft Office sudah aktif adalah jika salah satu programnya seperti Microsoft Word telah tidak memiliki lagi Product Activation Failed di halaman atas.


(brl/guf)