Pacu perkembangan dan kecerdasan si kecil dengan empat game ini

Pacu perkembangan dan kecerdasan si kecil dengan empat game ini

Techno.id - Dewasa ini, menjamurnya media digital, seperti video game, nyatanya juga dapat dimanfaatkan untuk memperkuat sekaligus meningkatkan kemampuan berpikir buah hati kesayangan Anda. Untungnya lagi, ada segelintir developer aplikasi dan game yang memiliki komitmen tinggi akan hal tersebut. Contohnya ialah Originator Inc. Berkat kegigihannya untuk menciptakan media edukasi yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak, orang tua, serta pendidik, beragam game buatan developer itu sukses menghuni peringkat atas di klasemen aplikasi App Store maupun Play Store.

Yang menarik, permainan yang mereka buat benar-benar memosisikan diri sebagai teman belajar. Pasalnya, anak Anda tidak dituntut untuk membuat skor tertinggi di game tersebut, sehingga ia bisa belajar tanpa menemui batasan, kegagalan, atau mungkin stres. Beragam karakter monster yang menggemaskan juga bersedia menemani buah hati Anda. Inilah keempat game buatan Originator yang mempunyai faedah tinggi itu:

1. Endless Number

Pacu perkembangan dan kecerdasan si kecil dengan empat game ini

Mengenali jenis angka, mengurutkan, serta melafalkan namanya bukan lagi menjadi masalah berat bagi balita. Terlebih kalau balita tersebut adalah pemain setia Endless Number. Di game ini, si kecil bisa berkenalan dengan 100 bilangan, yang akan dipandu dengan nyanyian berhitung dan persamaan sederhana yang interaktif.

"Aplikasi ini lucu, cerdas, dan edukatif. Anak saya yang berusia hampir dua tahun menyukainya," ulas seorang user bernama Chelsita Banana.

2. Endless Alphabet

Pacu perkembangan dan kecerdasan si kecil dengan empat game ini

Setelah memperkenalkannya pada deretan angka, tak ada salahnya untuk mengajak buah hati Anda ke tingkat selanjutnya, yakni mempelajari alfabet. Biarkan si kecil mengenal huruf ABC hingga Z dengan bantuan monster berwujud alfabet yang interaktif dan lincah. Selain itu, tersedia pula beberapa contoh kata sederhana untuk diketahui si kecil.

Lily Grady, salah satu pengguna Android yang meng-install game ini ke handset-nya, mengaku puas dengan Endless Alphabet. "Namun, saya harap aplikasi ini mau memperkenalkan lebih banyak kata, supaya perbendaharaan kata anak saya terus bertambah," ujarnya. Sepertinya, solusi yang bisa dijalani oleh Lily adalah mengunduh Endless Reader.

3. Endless Reader

Pacu perkembangan dan kecerdasan si kecil dengan empat game ini

Mengajarkan balita untuk mempelajari kata dalam Bahasa Inggris sembari mengenali penggunaannya di kehidupan sehari-hari kini lebih mudah berkat game ini. Sebagai versi kelanjutan dari Endless Alphabet, Endless Reader memiliki interaksi yang lebih kompleks, misalnya dengan menunjukkan arti dari sebuah kata dan memperkenalkan si kecil pada kalimat yang lengkap dan logis.

Dampak positif Endless Reader telah dirasakan beberapa orang, termasuk DeVette Kereke. "Anak saya yang berusia dua tahun tidak pernah puas memainkannya. Sedangkan anak saya yang berusia lima tahun masih terus memainkannya," DeVette berkisah. Ia juga berharap Originator bersedia membuat game serupa untuk memperkenalkan warna dan bentuk.

4. Endless Wordplay

Pacu perkembangan dan kecerdasan si kecil dengan empat game ini

Ini adalah game terbaru yang dikeluarkan Originator dalam seri Endless. Di dalam game ini, si kecil akan diajak untuk mengeja kata dengan benar, menyusun alfabet untuk menjadi sebuah kata yang utuh, serta mengenal homofon dari beberapa kata. Dipandu oleh Alphabot serta monster-monster lain yang menghibur dan setia menemani, anak Anda akan berpetualang sembari belajar dengan efektif.

"Yang paling penting, game ini mudah digunakan oleh anak saya yang masih berusia tiga tahun," kata seorang pengguna dengan username Rstaff654321 saat mendeskripsikan game yang baru diluncurkan pada Februari 2015 itu.

Itulah keempat game yang begitu memudahkan proses pembelajaran si kecil di era modern ini. Tidakkah Anda tergiur untuk turut mengajak anak Anda memainkan game-game edukatif di atas?

(brl/red)