Kamera smartphone Android kamu tidak berfungsi? Coba 10 cara perbaikan ini

Kamera smartphone Android kamu tidak berfungsi? Coba 10 cara perbaikan ini

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu yang pernah mengalami saat ingin mengambil foto atau video menggunakan smartphone Android, namun fitur kamera tidak bisa digunakan atau macet. Banyak faktor yang menyebabkan kamera smartphone tidak berfungsi.

Ruang penyimpanan yang tidak mencukupi adalah penyebab paling umum dari masalah aplikasi kamera. Ketika perangkat kamu mulai kehabisan ruang, aplikasi seperti kamera yang menambahkan lebih banyak file ke ruang yang sudah terisi mungkin mulai tidak berfungsi.

Selain itu, jika perangkat kamu kehabisan memori (RAM), ponsel mungkin tidak dapat membuka aplikasi kamera. Aplikasi pihak ketiga, terutama yang menggunakan fungsi kamera, dapat menyebabkan kamera gagal atau macet. Bisa jadi aplikasi tersebut crash dengan aplikasi kamera default. Bisa jyga karena izin kamera ditolak. Sebab, fitur kamera harus diizinkan agar aplikasi dapat bekerja dengan benar.

Cache dan data aplikasi yang rusak juga diketahui memperlambat kinerja kamera dan bahkan menyebabkan kerusakan. Masalah perangkat lunak, bug, dan OS Android yang sudah ketinggalan zaman dapat membuat aplikasi kamera berisiko gagal.

Jika baterai kamu benar-benar lemah, aplikasi kamera mungkin tidak berfungsi secara optimal dan menolak untuk dibuka. Selain itu, kerusakan perangkat keras akibat terjatuh dan benturan keras dapat menyebabkan kamera tidak berfungsi atau meninggalkan layar kosong.

Cara memperbaiki kamera tidak berfungsi di smartphone Android

Ada beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah kamera yang macet atau tidak berfungsi. Berikut langkah-langkahnya.

1. Mulai ulang kamera

Kamera smartphone Android kamu tidak berfungsi? Coba 10 cara perbaikan ini foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika aplikasi kamera menampilkan layar kosong saat mencoba menggunakannya, kamu mungkin harus memulai ulang aplikasi. Caranya cukup sederhana. Cukup buka Aplikasi Terbaru dan geser aplikasi Kamera dari layar. Tunggu beberapa detik sebelum membuka kembali aplikasi Kamera.

Kamu juga dapat memulai ulang aplikasi Kamera dengan menghentikan paksa aplikasi di Pengaturan. Mulailah dengan membuka aplikasi Pengaturan, lalu buka Aplikasi.

Cari aplikasi Kamera dalam daftar aplikasi. Ketuk tombol Paksa Berhenti atau Paksa Tutup (biasanya di bagian bawah layar). Sekarang, ketika kamu membuka kamera, mudah-mudahan kamera akan bekerja dengan lancar tanpa crash.

2. Mulai ulang ponsel

Kamera smartphone Android kamu tidak berfungsi? Coba 10 cara perbaikan ini foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika memulai ulang aplikasi kamera tidak menyelesaikan masalah, kamu harus memulai ulang ponsel. Restart akan menghilangkan bug dan gangguan serta mengatur ulang proses yang sedang berlangsung.

Untuk menghidupkan ulang ponsel Android, cukup tekan dan tahan tombol daya sampai kamu melihat daftar opsi pada layar ponsel. Tampilannya mungkin berbeda tergantung pada perangkat Android, tetapi pilihannya akan konsisten.

Ketuk Restart, ponsel akan mati dan kemudian menyala setelah beberapa detik. Kamera seharusnya mulai berfungsi dengan baik sekarang.

3. Izinkan aplikasi kamera

Kamera smartphone Android kamu tidak berfungsi? Coba 10 cara perbaikan ini foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Izin untuk fitur kamera mungkin secara tidak sengaja ditolak untuk aplikasi kamera. Untuk mengizinkan aplikasi kamera, buka daftar aplikasi dan tekan dan tahan ikon kamera sampai muncul menu. Ketuk Info Aplikasi atau ikon yang memiliki huruf i dalam lingkaran.

Pada halaman Info Aplikasi yang terbuka, buka bagian Izin. Pastikan bahwa Kamera diizinkan untuk aplikasi Kamera. Izin tersebut harus ada dalam daftar fitur yang diizinkan.

4. Tutup semua aplikasi yang menggunakan kamera

Kamera smartphone Android kamu tidak berfungsi? Coba 10 cara perbaikan ini foto: freepik

Snapchat, Instagram, aplikasi kamera pihak ketiga lainnya, dan aplikasi pengeditan memiliki akses ke kamera ponsel kamu. Membuka kamera di salah satu aplikasi ini di latar belakang ketika mencoba menggunakan aplikasi kamera default dapat menyebabkannya macet.

Cara mengatasinya cukup mudah. Buka Aplikasi Terbaru di ponsel kamu dan geser semua aplikasi yang menggunakan kamera. Sekarang, buka aplikasi kamera default, seharusnya berfungsi dengan baik.

5. Menghapus data aplikasi kamera

Kamera smartphone Android kamu tidak berfungsi? Coba 10 cara perbaikan ini foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Ketika sebuah aplikasi tidak berfungsi, menghapus data aplikasi akan mengatur ulang aplikasi dan kemungkinan besar akan menyingkirkan bug di balik masalah tersebut. Untuk memulai ulang aplikasi kamera, buka aplikasi Pengaturan dan ketuk Aplikasi.

Pilih aplikasi kamera dalam daftar aplikasi, lalu ketuk Storage (Penyimpanan). Ini akan membuka halaman yang menunjukkan berapa banyak ruang penyimpanan yang digunakan kamera. Ketuk tombol Hapus Data. Ini akan menghapus data dan cache aplikasi dan memberikan aplikasi kamera awal yang baru.

(brl/red)