Cara mudah memeriksa kesehatan baterai laptop di Windows

Cara mudah memeriksa kesehatan baterai laptop di Windows

Techno.id - Jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara memeriksa kesehatan baterai laptop Windows, jangan bingung. Itu adalah proses yang sangat sederhana yang tidak memerlukan alat atau perangkat lunak tambahan.

Jika kamu memperhatikan bahwa laptop kamu tidak tahan lama seperti dulu, kamu dapat memeriksa kesehatan baterai untuk memastikannya. Ingatlah bahwa kinerja baterai pasti menurun seiring waktu. Jadi jika laptop kamu sudah berusia beberapa tahun, maka masa pakai baterai secara keseluruhan akan menurun dari kapasitas maksimum. Berikut cara memeriksa kesehatan baterai laptop di Windows.

1. Tekan Win + R

2. Ketik cmd dan tekan Enter

3. Ketik powercfg / batteryreport lalu tekan Enter. Ini akan menghasilkan laporan kesehatan baterai dalam bentuk file html bernama battery-report.html.

4. Lokasi file akan ditampilkan di jendela Prompt Perintah, jadi catatlah, dan navigasikan ke lokasinya di Explorer.

5. Buka berkas

6. Setelah laporan terbuka, kamu dapat menggulir dan memeriksa statistik utama. Dua hal utama yang harus kamu perhatikan, adalah riwayat kapasitas baterai, dan perkiraan masa pakai baterai.

Yang pertama menunjukkan jika baterai kamu mengalami penurunan kapasitas efektif, yang pada dasarnya berarti ukuran baterai, dengan cara tertentu menyusut seiring waktu, yang merupakan bagian alami dari siklus hidup baterai.

Yang kedua menunjukkan seberapa besar daya tahan baterai. Jika laptop kamu berusia beberapa tahun, jangan kaget melihat bahwa laptop telah kehilangan satu atau dua jam dari total masa pakai baterai.

Setelah membaca informasi tersebut, mungkin ada baiknya kamu pertimbangkan mengganti baterai jika kondisinya sudah tidak terlalu mumpuni untuk bekerja tanpa dihubungkan ke sumber listrik.

(brl/red)