Cara menghapus riwayat penjelajahan Safari di iPhone atau Mac

Cara menghapus riwayat penjelajahan Safari di iPhone atau Mac

Techno.id - Data penjelajahan mengungkapkan kebiasaan penjelajahan kamu dan dapat diakses oleh situs-situs yang kamu kunjungi. Jika khawatir dengan privasi, kamu bisa mengelola dan menghapus riwayat penjelajahan.

Menjelajahi dunia digital menciptakan jejak yang mirip dengan bagaimana langkah kita meninggalkan jejak di kehidupan nyata. Jejak digital ini, mulai dari situs yang dikunjungi hingga kueri penelusuran, dapat menimbulkan risiko privasi. Jadi, sangat penting untuk mengetahui cara menghapus riwayat penelusuran di internet.

Untuk menghapus riwayat penelusuran di iPhone atau Mac dari rentang waktu tertentu di Safari, Apple menawarkan solusi yang efisien.

Cara menghapus riwayat penjelajahan safari di iPhone atau iPad

Cara menghapus riwayat penjelajahan Safari di iPhone atau Mac Foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika ingin menghapus riwayat penjelajahan Safari di iPhone atau iPad, Apple meletakkan opsi tersebut di aplikasi Pengaturan, dan inilah cara menemukannya.

1. Buka aplikasi Pengaturan. Kemudian, gulir ke bawah dan ketuk Safari.

2. Gulir ke bawah ke bagian Privasi & Keamanan dan ketuk Hapus Riwayat dan Data Situs Web.

3. Saat sub-jendela muncul, pilih jangka waktu dan ketuk Hapus Riwayat.

Jika kamu merasa perlu menghapus riwayat dalam waktu singkat, pertimbangkan untuk menggunakan penjelajahan pribadi (atau mode penyamaran) di Safari alih-alih membuka aplikasi Pengaturan untuk melakukannya sesering mungkin.

Cara menghapus riwayat penjelajahan di Safari di Mac

Cara menghapus riwayat penjelajahan Safari di iPhone atau Mac foto: makeuseof

Tidak seperti di iPhone atau iPad, kamu akan menemukan semua yang kamu butuhkan untuk menghapus riwayat Safari di dalam aplikasi. Kamu tidak perlu membuka Pengaturan Sistem. Berikut cara melakukannya.

1. Luncurkan Safari menggunakan pencarian Spotlight (Command + Spasi) atau metode lain yang diinginkan.

2. Setelah berada di Safari, arahkan mouse ke bilah menu dan klik History. Kemudian, pilih Hapus Riwayat dari menu tarik-turun.

3. Kotak dialog akan muncul. Pilih jangka waktu menggunakan menu tarik-turun Hapus dan klik Hapus Riwayat.

Apple telah membangun reputasi dalam memprioritaskan privasi dan keamanan dan bahkan bekerja lebih keras untuk melindungi pengguna dari pengiklan dan pihak ketiga. Tak heran jika Safari lebih aman digunakan daripada Google Chrome karena Google tidak menawarkan komitmen yang sama terhadap privasi seperti halnya Safari.

(brl/red)