Cara mengcopy teks dari gambar dengan microsoft power toys, ini 7 langkahnya

Cara mengcopy teks dari gambar dengan microsoft power toys, ini 7 langkahnya

Techno.id - Dalam situasi tertentu, kita terkadang diharuskan menyalin teks dari sebuah gambar. Hal ini tentunya melelahkan jika harus menyalin teks panjang secara manual.

Saat ini cara konvensional seperti itu sudah nggak perlu lagi. Sebab ada aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mempermudahnya. Salah satunya, Microsoft Power Toys besutan Microsoft. Sebenarnya aplikasi ini sudah ada sejak Windows 95 sampai Windows XP.

Nah saat ini Microsoft Power Toys menjadi aplikasi yang dapat diinstall di Windows 10 maupun Windows 11. Aplikasi ini berisi sekumpulan tools yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Salah satunya yang sangat berguna adalah Text Extractor. Tools ini berguna untuk menyalin teks yang berada di dalam layar kita. Berikut cara menyalin teks dari gambar dengan Microsoft Power Toys.

Cara mengcopy teks dari gambar dengan microsoft power toys, ini 7 langkahnya (Foto:learn.microsoft.com)

1. Install Microsoft Power Toys di Windows 10 atau 11 kalian. Cara install bisa mengakses link https://learn.microsoft.com/en-us/windows/powertoys/install

2. Jika sudah terinstall, tekan tombol Windows lalu ketik Power Toys dan tekan pada pencarian paling relevan.

3. Apabila Power Toys sudah terbuka, klik ikon hamburger yang terletak di pojok kanan atas. Ini akan membuka daftar fitur yang tersedia.

4. Scroll ke bawah dan cari fitur Text Extractor, setelah itu pastikan enable text extractor sudah dalam kondisi on. Tutup jendela Power Toys jika sudah selesai.

5. Klik Windows + Shift + T untuk mengaktifkan Power Toys. Jika text extractor sudah aktif, kalian akan melihat overlay. Setelah itu, pilih area yang diinginkan, area yang dipilih akan langsung tersalin ke clipboard.

6. Buka Microsoft Word atau aplkasi lainnya yang sejenis.

7. Tekan tombol Ctrl + V untuk menempel hasil teks yang sudah di copy.

Magang : Nabiel Mumtaz

(brl/red)