Cara membuat kartu ucapan Natal dengan cepat dan mudah menggunakan Canva

Cara membuat kartu ucapan Natal dengan cepat dan mudah menggunakan Canva

Techno.id - Jelang perayaan Natal, banyak orang berusaha untuk membuat kartu Natal unik yang akan memukau keluarga dan teman. Di era digital seperti sekarang, banyak aplikasi atau platform digital yang dapat membantu kamu membuat kartu ucapan Natal yang unik dan menarik.

Salah satunya Canva. Platform ini memiliki fitur dan templat yang beragam agar kamu bisa berkreasi dengan memasukkan foto dan pesan kamu sendiri ke dalam kartu. Berikut ini cara mendesain kartu Natal yang unik menggunakan Canva.

Cara membuat kartu ucapan Natal dengan cepat dan mudah menggunakan Canva foto: canva

1. Mulai dari halaman utama pada website Canva, ketik Kartu Natal di kolom pencarian, pastikan tab menyorot Templat, dan tekan Enter. Kamu akan melihat berbagai macam template yang dapat digunakan.

2. Jika template memiliki ikon mahkota, desain hanya tersedia untuk pengguna Canva Pro. Namun, jika kamu melihat template yang kamu sukai, mungkin ada baiknya kamu meningkatkan ke Canva Pro atau setidaknya mengujinya dengan uji coba gratis.

3. Jelajahi hingga kamu menemukan template yang kamu sukai. Klik templat tersebut, lalu klik Customize This Template. Dari sana, kamu bisa menggunakan halaman Editor Canva untuk mendesain kartu.

4. Karena kamu mencari kartu secara khusus, sebagian besar template yang kamu pilih sudah terdaftar sebagai fitur Undangan, yang memberikan ukuran tepat yang kamu perlukan untuk layanan pencetakan.

5. Template sangat mudah digunakan karena yang harus kamu lakukan adalah mengganti stok gambar dengan gambar kamu sendiri dan mengubah kata-katanya. Kamu juga bisa mengubah warna elemen agar lebih personal. Setelah selesai, kamu bisa menggunakan layanan pencetakan Canva atau mengirim kartu melalui email untuk menghemat uang dan kertas.

Cara membuat kartu Natal dari awal di Canva

Cara membuat kartu ucapan Natal dengan cepat dan mudah menggunakan Canva foto: canva

Membuat kartu Natal dari awal di Canva mungkin sedikit lebih rumit, tetapi dengan melakukannya, kamu akan memiliki kartu yang dipersonalisasi untuk dibagikan ke seluruh dunia. Begini caranya.

1. Di halaman utama Canva, klik Buat Desain dan ketik Kartu. Kamu akan melihat banyak opsi untuk tata letak dan ukuran, jadi pilih salah satu yang ingin kamu gunakan.

2. Setelah Editor Canva terbuka, kamu akan melihat kanvas kosong. Terserah bagaimana kamu ingin mendesain kartu.

3. Kamu dapat membuka tab Elemen di toolbar kiri dan mengetikkan Natal untuk melihat opsi meriah yang dapat kamu tambahkan ke kartu. Selain itu, manfaatkan tab Teks dan Unggahan untuk menambahkan keterangan dan foto kamu sendiri.

4. Kamu juga dapat melihat beberapa aplikasi Canva-menambahkan Bitmoji atau menggunakan TypeCraft yang akan membuat kartu kamu sangat unik dan menarik.

Setelah membuat kartu, saatnya memutuskan apakah kamu ingin mengirimnya melalui email. Untuk mengirimnya, klik Bagikan di sudut kanan atas Editor Canva, lalu pilih Unduh. Tetapkan spesifikasi kamu tentang bagaimana ingin file disimpan ke komputer dan klik Unduh. Dari sana, lampirkan file ke email dan kirimkan.

(brl/red)