Cara melakukan pengaturan pada aplikasi YouTube Kids

Cara melakukan pengaturan pada aplikasi YouTube Kids

Techno.id - Tepat satu minggu setelah rencana peluncuran aplikasi YouTube Kids diberitakan, kini YouTube Kids sudah tersedia dan dapat diunduh secara gratis di halaman Play Store.

Mengingat aplikasi ini sudah tersedia untuk publik, maka pada kesempatan kali ini akan mencoba untuk mengulas mengenai bagaimana cara melakukan pengaturan yang tepat. Pada dasarnya, pengaturan pada aplikasi YouTube Kids sudah dirancang dengan sangat mudah oleh Google.

Saat pertama kali menggunakan, Anda akan diminta untuk membuat sebuah PIN yang terdiri dari kombinasi angka. Hal ini bertujuan agar anak-anak tidak dapat mengubah peraturan aplikasi yang sudah dibuat di kemudian hari.

Anda dapat mengunjungi halaman pengaturan dengan menekan ikon bergambar gembok di bagian sudut kanan bawah. Setelah masuk ke pengaturan, Anda akan dihadapkan dengan tampilan dua kontrol utama. Pertama adalah Timer (waktu pengingat), kedua adalah Search Restriction (pembatasan hasil pencarian).

Timer berfungsi sebagai pengingat untuk membatasi berapa lama anak-anak dapat mengakses situs YouTube melalui aplikasi ini. Timer maksimal yang dapat digunakan adalah 120 menit dan akan otomatis memblokir video player ketika sudah habis. Sedangkan Search Restriction berfungsi untuk membatasi anak-anak untuk mencari video di luar rekomendasi YouTube Kids.

Di samping Timer dan Search Restriction, Anda juga dapat mematikan fitur Audio (Background Music dan Sound Effects) bawaan aplikasi jika dianggap cukup menggangu atau juga berguna untuk lebih menghemat baterai perangkat.

Selain fitur Timer dan Search Restriction, Anda juga dapat mematikan fungsi Audio (Background Music dan Sound Effects) bawaan aplikasi jika dianggap cukup mengganggu. Selain itu fitur ini tentu juga akan lebih menghemat baterai gadget Anda mengingat aktivitas buffering dapat menguras energi yang cukup besar.

(brl/red)