9 Cara mengatasi laptop black screen, kenali sebab dan pencegahannya

9 Cara mengatasi laptop black screen, kenali sebab dan pencegahannya

Techno.id - Laptop merupakan sebuah perangkat kerja yang banyak digunakan hampir semua orang. Benda elektronik tipis ini sudah memiliki spesifikasi mumpuni yang sanggup mengerjakan setiap keperluan pekerjaan. Tidak hanya memiliki spesifikasi yang mumpuni, laptop juga hadir dengan beragam kemudahan lain yang membuat pekerjaan semakin mudah diselesaikan.

Layaknya sebuah gadget, laptop tentu bisa mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang biasa terjadi pada laptop adalah black screen. Apa itu black screen? Black screen bisa diartikan sebagai kondisi ketika layar laptop tidak bisa menampilkan gambar secara normal. Yang demikian ini tentu membuat pekerjaan yang ada menjadi terhambat.

Tidak hanya itu, black screen juga memerlukan perawatan khusus agar laptop yang dipakai bisa kembali normal. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini. Mulai dari yang sederhana hingga berat bisa dicoba untuk memperbaiki laptop yang berada dalam kondisi black screen.

Berkenaan dengan bahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Senin (12/9), sembilan cara mengatasi laptop black screen.

Penyebab layar laptop mengalami black screen.

9 Cara mengatasi laptop black screen, kenali sebab dan pencegahannya

foto: freepik.com

Ada beberapa penyebab utama laptop yang kamu gunakan mengalami black screen. Ada beberapa masalah yang bisa kamu selesaikan sendiri, namun juga ada yang tidak. Kamu bisa simak beberapa sebab laptop kamu mengalami black screen.

1. Masalah pada RAM.

Sebagaimana yang kita ketahui, RAM merupakan salah satu komponen penting pada laptop. Jika sektor ini mengalami gangguan, maka bisa merambat ke bagian lain seperti terjadinya black screen. Kamu bisa memeriksa barangkali RAM yang ada pada laptopmu rusak. Tidak hanya itu, RAM yang lepas juga bisa mengakibatkan terjadinya black screen.

2. Masalah pada layar.

Selain RAM, komponen lain yang bisa mengakibatkan black screen ada pada bagian layar. Bukan tidak mungkin jika layar pada laptop kamu mengalami kerusakan. Penggunaan yang terlalu intens atau bahkan keseringan menampilkan gambar dengan warna yang sama bisa membuat layar laptop cepat rusak. Kamu perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu pada layar laptop kamu barangkali yang menyebabkan black screen ada di bagian ini.

3. Masalah pada software.

Setiap perangkat tentu dibekali dengan software yang berfungsi untuk mengontrol setiap komponen dan sistem lainnya. Pada laptop dan komputer sendiri, software tersebut dinamai BIOS. Kamu bisa masuk ke pengaturan BIOS untuk memeriksa barangkali ada kendala yang terjadi pada sistem BIOS di laptop kamu.

Cara mengatasi layar laptop black screen.

9 Cara mengatasi laptop black screen, kenali sebab dan pencegahannya

foto: freepik.com

Setelah mengetahui penyebab yang bisa mengakibatkan black screen pada layar laptop, tentu tidak afdol jika tidak menyertakan cara memperbaikinya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki layar laptop yang terkena black screen. Untuk penjelasan lengkapnya kamu bisa simak cara berikut.

1. Masuk ke Safe Mode.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar laptop black screen adalah menggunakan Safe Mode. Cara ini pada dasarnya termasuk mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menghidupkan laptop seperti biasa kemudian tekan F8. Setelah muncul beberapa menu, cari Safe Mode kemudian tekan Enter. Maka secara otomatis laptop yang kamu gunakan akan menampilkan Restore system files and setting kemudian ikuti langkahnya.

2. Gunakan Task Manager.

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi layar laptop black screen adalah memanfaatkan Task Manager. Kamu hanya perlu menekan ctrl + alt + delete secara bersamaan, maka akan muncul Task Manager. Kemudian klik add new task dan ketikkan explore.exe lalu buka explore. Maka laptop kamu akan diperbaiki secara otomatis.

3. Kembalikan pengaturan default BIOS.

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, BIOS menjadi salah satu kunci utama dalam mengatasi black screen pada layar laptop. Kamu hanya perlu mengakses menu BIOS pada laptop kemudian mengatur ulang pengaturan yang ada agar kembali ke setting default. Hal ini mungkin bisa dicoba untuk mengatasi masalah black screen pada layar laptop.

4. Cek layar.

Selain masalah software, hardware yang ada pada laptop juga perlu diperiksa. Kamu perlu memastikan bahwa layar yang ada pada laptop tidak mengalami kerusakan. Karena seringkali kasus black screen terjadi karena layar laptop yang rusak. Kamu bisa mencoba menghidupkan laptop, jika perangkat tersebut sama sekali tidak menampilkan gambar, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa yang rusak ada pada bagian layar.

5. Gunakan layar eksternal.

Cara ini bisa kamu lakukan untuk memeriksa apakah benar sektor layar laptop yang menyebabkan black screen. Untuk menggunakan layar tambahan, kamu perlu menyediakan monitor dan kabel penghubung berupa kabel VGA maupun HDMI. Jika layar laptopmu tidak mengalami black screen ketika dihubungkan dengan monitor, maka bisa dipastikan kerusakan yang ada terjadi pada layar laptopmu.

6. Cek RAM.

RAM atau random access memory merupakan komponen penting pada sebuah perangkat yang membuatnya bisa bekerja dengan baik. Jika terjadi kerusakan pada RAM, bukan tidak mungkin laptop yang kamu gunakan mengalami black screen. Kamu bisa melepas RAM yang ada pada laptopmu untuk diperiksa atau sekadar dibersihkan kemudian pasangkan kembali. Jika cara tersebut bisa mengatasi masalah black screen, maka kamu tidak perlu mencoba cara berikutnya.

7. Cek sistem penyimpanan.

Selain RAM, sistem penyimpanan juga bisa menyebabkan black screen. Kamu perlu memeriksa apakah sistem penyimpanan pada laptop kamu mengalami masalah. Kamu bisa melakukan pengecekan pada kecepatan putar piringan jika kamu menggunakan Harddisk, dan bunyi mengganggu pada SSD. Jika ada salah satu masalah seperti pernyataan tersebut, maka bisa jadi sistem penyimpanan pada laptop kamu mengalami masalah.

8. Instal ulang Windows.

Cara ini termasuk agak berat karena tidak semua orang mampu melakukannya. Namun jika kamu bisa, melakukan instal ulang Windows bisa dijadikan solusi untuk mengatasi masalah black screen. Selain itu instal ulang Windows juga bisa mengembalikan performa laptop yang kamu pakai. Jika cara ini masih tidak berhasil, maka terpaksa kamu harus melakukan cara berikutnya.

9. Bawa ke service center.

Jika laptop kamu yang rusak dibawa ke service center, niscaya segala masalah bisa diperbaiki. Memang kamu perlu mengeluarkan uang yang tidak bisa dibilang sedikit. Namun cara ini bisa dilakukan untuk menangani black screen pada layar laptop kamu.

Pencegahan agar layar laptop tidak terjadi black screen.

9 Cara mengatasi laptop black screen, kenali sebab dan pencegahannya

foto: freepik.com

Jika sudah mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, kamu perlu memperhatikan juga pencegahan yang perlu dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Kamu perlu melakukan pencegahan agar laptop yang kamu miliki tidak mengalami black screen. Ada beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut.

1. Gunakan laptop sewajarnya.

Jika tidak ada keperluan yang sangat penting atau mendesak, kamu tidak perlu menggunakan laptop secara intens. Selain menghemat energi, penggunaan laptop yang tidak terlalu intens juga membuat umur perangkat ini jauh lebih panjang. Namun jika kamu membutuhkan laptop untuk menyelesaikan pekerjaan berat, maka segera matikan laptop tersebut setelah pekerjaan selesai.

2. Lakukan service rutin.

Layaknya sebuah perangkat, laptop juga memerlukan service rutin untuk menghindari kemungkinan terjadinya black screen. Tidak hanya itu, melakukan service rutin juga bisa membuat performa laptop tetap stabil. Meski memakan biaya, service laptop bisa kamu jadikan cara agar perangkat yang kamu miliki tetap awet.

3. Hindari penggunaan dalam suhu tinggi.

Semua orang tentu setuju jika menggunakan laptop pada ruangan dengan suhu tinggi membuat perangkat ini cepat sekali panas. Panas berlebih pada laptop akan membuatnya tidak bisa bekerja dengan maksimal. Tidak hanya itu, masalah panas berlebih pada laptop juga membuat komponen yang ada bisa cepat rusak. Kamu perlu menjaga suhu ruangan agar tetap normal atau pindah ke lokasi lain yang lebih dingin.

(brl/tin)