2 Penyesuaian ini dapat meningkatkan masa pakai baterai iPhone

2 Penyesuaian ini dapat meningkatkan masa pakai baterai iPhone

Techno.id - Dengan iOS 17.4, pengguna iPhone memperoleh akses ke lebih banyak data baterai mereka, berkat menu Kesehatan Baterai yang baru diganti namanya. Kamu sekarang dapat memeriksa tidak hanya persentase kesehatan baterai (80% atau lebih tinggi dianggap baik), tetapi juga menu baru yang menunjukkan berapa kali kamu mendaur ulang baterai, dan apakah baterai kamu normal atau tidak.

Jika ingin menjaga kesehatan baterai iPhone selama mungkin, kamu dapat menghindari sebagian besar masalah baterai iPhone dengan mengambil beberapa langkah sederhana, termasuk menggunakan fitur pengisian daya yang dioptimalkan, menghindari iPhone terlalu panas dan tidak membiarkan baterai terkuras hingga nol. Berikut penyesuaian yang dapat kamu lakukan untuk membantu menongkatkan masa pakai baterai iPhone.

Hapus widget dari layar kunci

2 Penyesuaian ini dapat meningkatkan masa pakai baterai iPhone foto: techno.id/yani andriyansyah

Semua widget di layar kunci memaksa aplikasi berjalan secara otomatis di latar belakang, terus-menerus mengambil data untuk memperbarui informasi yang ditampilkan widget, seperti skor olahraga atau cuaca. Karena aplikasi ini terus berjalan di latar belakang, aplikasi tersebut terus menghabiskan daya.

Jika kamu ingin membantu menghemat baterai di iOS 17, cara terbaik yang harus dilakukan adalah menghindari widget di layar kunci dan layar beranda. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan beralih ke profil layar kunci lain, Tekan jari kamu ke bawah pada layar kunci yang ada, lalu gesek ke sekeliling untuk memilih salah satu yang tidak memiliki widget apa pun.

Jika hanya ingin menghapus widget dari layar kunci yang ada, tekan layar kunci, tekan Kustomisasi, pilih opsi Layar Kunci, ketuk kotak widget, lalu tekan tombol pada setiap widget untuk menghapusnya.

Matikan umpan balik papan ketik haptic

2 Penyesuaian ini dapat meningkatkan masa pakai baterai iPhone foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Keyboard di iPhone tidak pernah memiliki kemampuan untuk bergetar saat mengetik. Hal ini disebabkan fitur tambahan yang disebut umpan balik haptic yang disematkan ke iPhone dengan iOS 16. Alih-alih hanya mendengar bunyi klik-klak, umpan balik haptic memberikan getaran pada setiap tombol, memberikan pengalaman yang lebih imersif saat kamu mengetik. Menurut Apple, fitur yang sama juga dapat memengaruhi masa pakai baterai.

Menurut halaman dukungan Apple tentang papan ketik ini, umpan balik haptic dapat memengaruhi masa pakai baterai iPhone. Tidak ada spesifikasi yang diberikan mengenai berapa lama masa pakai baterai yang dihabiskan fitur keyboard, tetapi jika ingin menghemat baterai, sebaiknya nonaktifkan fitur ini.

Untungnya, ini tidak diaktifkan secara default. Jika telah mengaktifkannya sendiri, buka Pengaturan > Suara & Haptics > Umpan Balik Papan Ketik dan matikan Haptic untuk mematikan umpan balik haptic untuk papan ketik.

(brl/red)