11 Aplikasi lacak nomor HP selain Getcontact, untuk Android dan iOS

image

Techno.id - Dengan kecanggihan teknologi saat ini, melakukan sebuah komunikasi sangat mudah dilakukan. Namun dibalik kemudahan yang diberikan, terdapat ancaman tindak kejahatan yang dapat terjadi kapan saja. Ada banyak kasus seperti penipuan, hipnotis, spam teror, dan masih banyak lagi. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, banyak pengguna smartphone mendownload aplikasi Getcontact.

Getcontact merupakan aplikasi dengan fitur keamanan panggilan telepon menarik. Platform ini mencegah agar tidak terjadi spam call yang dilakukan oleh hacker maupun telemarketing. Kemudian aplikasi ini juga memberikan fitur untuk mengetahui nama nomor telepon yang disimpan pengguna lain. Apabila terdapat indikasi menerima panggilan berbahaya, Getcontact dapat memberikan notifikasi peringatan pada ponsel yang digunakan.

Dengan kata lain Getcontact merupakan aplikasi untuk melacak sebuah nomor tidak dikenal secara mudah. Namun ternyata tidak hanya aplikasi Getcontact saja loh yang memiliki fitur kemanan panggilan. Terdapat berbagai platform serupa yang tersedia di toko aplikasi smartphone yang digunakan. Kali ini techno.id pada Senin (11/4), akan memberikan rangkuman 11 aplikasi lacak nomor handphone selain Getcontact yang dapat digunakan di Android maupun iOS.

1. TrueCaller: Caller ID & Block.

Aplikasi lacak nomor telepon  berbagai sumber

foto: play.google.com

TrueCaller merupakan aplikasi yang mempunyai data base cukup besar. Bahkan platform ini sudah diunduh oleh lebih dari 500 juta pengguna smartphone. Aplikasi juga mempunyai akurasi data tinggi. Selain itu terdapat berbagai fitur yang dapat dimanfaatkan seperti blokir kontak, mengidentifikasi spam, merekam panggilan , dan terdapat fitur unggulan lainnya.

2. Call App: Caller ID & Recording.

Aplikasi lacak nomor telepon  berbagai sumber

foto: play.google.com

Call App merupakan platform untuk mengetahui nomor tidak dikenal menggunakan ID penelepon. Di dalam aplikasi ini terdapat fitur seperti mencari nomor telepon, memblokir nomor telepon, dan merekam panggilan telepon. Rekaman panggilan tersebut menggunakan teknologi ACR dan hasil dari rekaman tersebut dapat dibagikan langsung menggunakan aplikasi ini. Terdapat fitur lain yang dapat dimanfaatkan di Call App secara mudah dan praktis.

3. Real Caller: Caller ID Lookup.

Aplikasi lacak nomor telepon  berbagai sumber

foto: play.google.com

Real Caller merupakan aplikasi untuk melakukan pencarian nomor tidak dikenal secara praktis. Aplikasi ini juga dapat mengidentifikasi nama pemanggil dan memblokir panggilan spam yang terjadi. Aplikasi ini cukup mirip dengan Getcontact dan dapat diunduh via Play Store maupun App Store.

4. Hiya - Call Blocker, Fraud Detection & Caller ID.

Aplikasi lacak nomor telepon  berbagai sumber

foto: play.google.com

Aplikasi Hiya mempunyai kelebihan dapat mengidentifikasi panggilan dan pesan tidak dikenal secara mudah. Kemudian pengguna dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk pemblokiran nomor telepon yang dirasa mengganggu. Platform ini mempunyai kecerdasan untuk membaca apakah nomor telepon yang masuk merupakan sebuah ancaman spam, penipuan, atau yang lainnya.

5. Whoscall - Call ID & Block.

Aplikasi lacak nomor telepon  berbagai sumber

foto: play.google.com

Whoscall mempunyai keunggulan dapat digunakan saat perangkat sedang offline. Platform ini juga mempunyai data base cukup besar, hingga 1,6 milyar nomor. Kemudian Whoscall mempunyai sistem antarmuka sederhana yang membantu pengguna untuk melakukan pemblokiran terhadap nomor membahayakan. Platform ini juga cukup populer di kalangan pengguna Android maupun iOS.

6. Eyecon Caller ID & Spam Blocker.

Aplikasi lacak nomor telepon  berbagai sumber

foto: play.google.com

Selain memberikan informasi mengenai nomor yang tidak dikenal, aplikasi Eyecon dapat memberitahu dimana lokasi penelepon berada. Terdapat informasi yang dapat digali mengenai penelepon dari aplikasi ini, seperti akun media sosial yang dimiliki, foto, dan yang lainnya. Tentu platform ini mempunyai sistem interface simpel dan dapat digunakan memblokir nomor telepon berbahaya.

7. ViewCaller - Caller ID & Spam Block.

Aplikasi lacak nomor telepon  berbagai sumber

foto: play.google.com

View Caller adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengidentifikasi nomor yang tidak dikenal. Selain itu terdapat fitur untuk pencarian panggilan pintar, dan melihat riwayat panggilan. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah dapat digunakan untuk menghindari spam call yang kerap terjadi.

8. Sync.Me - Caller ID, Spam Call Blocker & Contacts.

Aplikasi lacak nomor telepon  berbagai sumber

foto: play.google.com

Sync Me merupakan platform lacak nomor telepon selanjutnya yang cukup lengkap. Terdapat fitur untuk mengidentifikasi nomor telepon tidak dikenal, melakukan pemblokiran nomor berbahaya, dan dapat digunakan untuk merekam panggilan yang sedang berlangsung. Aplikasi ini juga dapat mensinkronisasikan dari kontak yang ada dengan akun media sosial. Hingga akun media sosial diperbarui maupun berganti, Sync Me dapat mengetahuinya,

9. Mr. Number - Caller ID & Spam Protection.

Aplikasi lacak nomor telepon  berbagai sumber

foto: play.google.com

Mr. Number merupakan platform untuk melacak nomor telepon yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya. Aplikasi ini dapat digunakan untuk memberikan informasi mengenai nomor telepon tidak dikenal, melakukan pemblokiran nomor telepon berbahaya. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini ada pada sistem pemblokiran. Mr. Number tidak hanya dapat memblokir satu nomor saja, namun dapat melakukan pemblokiran nomor kode area negara.

10. True ID Caller: Chats, Calls.

Aplikasi lacak nomor telepon  berbagai sumber

foto: play.google.com

True ID Caller adalah aplikasi untuk melacak nomor telepon cukup kaya fitur. Di dalam aplikasi ini terdapat fitur untuk mengidentifikasi nomor tidak dikenal, mengetahui lokasi penelepon, merekam panggilan, menghindari panggilan spam, penipuan, dan gendam. Platform ini juga dapat dengan mudah mengakses kontak yang tersimpan. Bahkan True ID Caller dapat digunakan untuk mengirim foto, video, dan audio ke pengguna lainnya.

11. Showcaller: Caller ID & Block.

Aplikasi lacak nomor telepon  berbagai sumber



foto: play.google.com

Showcaller merupakan aplikasi yang dapat digunakan pengguna untuk melacak nomor telepon secara mudah. Platform ini memberikan proteksi agar pengguna terhindar dari panggilan spam, scam, telemarketer, robocall, dan sejenisnya. Aplikasi ini dapat digunakan secara offline, dan mempunyai fitur untuk melacak lokasi penelepon. Bahkan Showcaller dapat digunakan untuk merekam obrolan panggilan yang sedang berlangsung, serta dapat secara langsung membagikannya.


(brl/guf)