Wow, GoPro bakal punya saingan yang bisa ganti lensa

Wow, GoPro bakal punya saingan yang bisa ganti lensa

Techno.id - Action camera menjamur di kalangan penggila gadget di seantero dunia, termasuk Indonesia. GoPro berhasil jadi perusahaan yang mengendalikan pasar dan membangun tren penggunaan action camera di hampir seluruh aktivitas keseharian. Berbagai merek pun akhirnya membuat action camera dengan model menyerupai jajaran Hero dari GoPro.

Ukuran kecil nan kompak merupakan keunggulan utama action camera selain kemampuannya memberikan kekuatan auto-focus dan kejernihan hasilnya. Sayangnya, semua produk action camera hanya dipersenjatai dengan lensa tetap yang membatasi ruang gerak fotografer untuk bermanuver.

Kelemahan action-camera itu sepertinya akan segera terobati. Sebuah generasi baru action-camera yang dijuluki E1 tengah dikembangkan supaya bisa membawa teknologi lensa yang bisa diganti pada perangkat kamera yang dapat dipakai dalam hampir semua kondisi.

Memakai ukuran mini ala GoPro Hero, E1 sendiri bukanlah buatan GoPro melainkan perusahaan bernama Z. Serunya lagi kamera E1 dibuat dengan bodi berbahan magnesium serta memakai Panasonic Micro Four Thirds image sensor yang bakalan menghasilkan jepretan ciamik.

Soal lensa yang diganti-ganti, Z membuat E1 kompatibel dengan lensa kamera mirrorless buatan Olympus maupun Panasonic. Kemampuan terbaru yang ada di E1 membuat penggunanya merekam video dengan lensa wide-angle, lensa zoom, lensa fisheye bahkan menangkap video berkualitas 4K pada resolusi 24 frame per seconds.

Kamera E1 dibekali layar LCD sendiri untuk menampilkan sorotan lensanya tapi bisa juga dihubungkan ke smartphone lewat aplikasi. E1 dibekali konektivitas nirkabel serupa GoPro Hero dan baru akan dikirimkan ke pemesannya pada bulan Desember mendatang bila program pembiayaan lewat Kickstarter yang dilakoni Z sukses.

(brl/red)